Danrem 082/CPYJ Ikuti Rakor Panitia Pusat Pelatihan Komponen Cadangan

MOJOKERTO,- Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo. S.H., M.M didampingi para Kasi Korem melaksanakan Zoom Meeting dalam rangka Rapat Koordinasi Panitia Pusat Pelatihan Komponen Cadangan, Rakor dipimpin Dirjen Pothan Kemhan bertempat di Ruang Puskodalops Korem 082/CPYJ Jalan Veteran Nomor 3 Kota Mojokerto.Selasa (8/3/2022)

Rakor yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemenhan RI Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dan dihadiri pejabat Kemhan dan petinggi Angkatan Darat, dan peserta rapat lainnya

Rakor ini juga digelar secara virtual via Zoom Meeting dan diikuti oleh Danrem dan Dandim di beberapa wilayah Kodam yang terkait dengan penyelenggaraan Pendidikan Komando Cadangan (Komcad).

Dalam forum tersebut, Dirjen Pothan Kemhan RI Mayjen TNI Dadang Hendrayudha mengatakan penyelenggaraan Komcad berdasarkan UU No 23 tahun 2019 tentang pengelolaan SDN untuk Pertahanan Nasional, PP RI No 3 th 2021 tentang peraturan pelaksanaan UU No 23 tahun 2019 PSDN untuk Pertahanan Negara dan Peraturan Kemenhan No.3 tahun 2021 tentang pembentukan, penetapan dan pembinaan komponen cadangan.

Warga Negara Indonesia yang mengikuti Komcad terdiri dari berbagai status profesi mulai pegawai negeri, pegawai swasta ada yang statusnya mahasiswa dan masyarakat biasa, setelah mereka melaksanakan pendidikan dasar selama 3 bulan, mereka dikembalikan menjadi masyarakat sipil dan kembali ke profesi masing – masing. Tahun ini (2022) kita akan panggil lagi mereka untuk melaksanakan latihan penyegaran dan latihan peningkatan kemampuan mereka.

“Pada tahun 2022 kita akan melaksanakan latihan penyegaran dan latihan peningkatan kemampuan dari Komcad yang sudah kita bentuk tahun lalu. Pelaksanaan latihan kita rencanakan pada bulan September – Oktober 2022 dengan waktu antara 12 hari sampai 30 hari,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo. S.H., M.M menyampaikan bahwa, dalam menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan Sistem Pertahanan Negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan semua komponen bangsa.

“Sesuai dengan amanat Undang – undang tentang Komponen Cadangan, Sumber Daya Manusia yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan Komponen Utama, tugas kita sekarang adalah segera inventarisir Komcad yang ada di wilayah Korem 082/CPYJ dan mulai sekarang segera informasikan tenkait rencana latihan penyegaran dan peningkatan kemampuan ini.”Ujar Danrem.
(Penrem CPYJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa Koramil 0809/05 Grogol Bersama Bhabinkamtibmas Dampingi Penyaluran Bantuan Paket Sembako
Next post Danrem 082/CPYJ Ikuti Rakor Panitia Pusat Pelatihan Komponen Cadangan