Bekali Pilkades Serentak, Danpos Mojoanyar Sampaikan Ini


.
MOJOKERTO, – Demi meningkatkan pemahaman dalam mekanisme pelaksanaan Pilkades yang demokratis, Pemerintah Kecamatan Mojoanyar bersama Pos Koramil dan Polsek Mojoanyar memberikan Pembekalan Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Kecamatan Mojoanyar Tahun 2022, di Pendopo Kecamatan Mojoanyar, Jalan Sultan Agung Nomor 01 Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (26/04/2022) malam.

Camat Mojoanyar Drs. Mukhamad Malik., M.M., saat membuka acara, mengungkapkan, pembekalan panitia Pilkades dilakukan dengan tujuan agar panitia penyelenggara Pilkades dapat memahami secara keseluruhan mekanisme untuk tahapan pelaksanaan Pilkades dengan baik dan benar sesuai aturan.

Masih lanjutnya, dasar penyelenggaraan Pilkades ini telah tertuang dalam Undang-undang RI Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Pasal 31-39), Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 43 Tagub 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dan
Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. Kemudian ada Perda Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kepala Desa dan Perbup Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Perbup Nomor 65 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengalokasian dan Penetapan Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2021. “Semua UU dan peraturan ini menjadi pedoman dan petunjuk panitia dalam pelaksanaan Pilkades” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Pgs. Danppsramil Mojoanyar Letda Inf Sutopo mengharapkan agar panitia betul-betul memahami dan mematuhi aturan dalam pelaksanaan Pilkades serentak.

”Kami sangat berharap apa yang telah disosialisasikan Pak Camat Mojoanyar agar dipedomani oleh seluruh peserta penyelenggara, sehingga tujuan bersama yang kita harapkan dapat tercapai dengan baik,” ucapnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini antara lain Kapolsek Mojoanyar, Sekcam dan Para Kasi Kecamatan Mojoanyar, Para Babinsa Pos Ramil Mojoanyar dan para Bhabinkamtibmas, Ketua Panitia Pilkades Serentak dari Desa Gebangmalang, Desa Ngarjo dan Desa Sadartengah.

Sekedar informasi, Pilkades Serentak Tahun 2022 diwilayah Kabupaten Mojokerto akan berlangsung di 41 desa yang tersebar di 15 kecamatan. Untuk wilayah Mojoanyar, Pilkades serentak inindiikuti 3 desa yaitu Desa Gebangmalang, Desa Ngarjo dan Desa Sadartengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Meski Bulan Ramadhan Babinsa Koramil 07 Soko Tuban Terus Dampingi Pelaksanaan Vaksin Di Wilayah Binaan
Next post Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Desa Pandanagung Kawal Vaksinasi di Masjid Nurul Yaqin