Kodim 0815/Mojokerto Salurkan 1,6 Ton Beras Zakat Fitrah

MOJOKERTO, – Komandan Kodim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., didampingi Pgs. Perwira Seksi Personel (Pasi Pers) Kodim 0815/Mojokerto Letda Inf Agus Riantono menyerahkan secara simbolis zakat fitrah berupa beras kepada yang berhak menerima (mustahik) bertempat di Ruang Lobby Makodim 0815/Mojokerto Jalan Majapahit Nomor 01 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (27/04/2022) sore.

Dandim Mojokerto melalui Pgs. Pasi Pers Kodim 0815/Mojokerto Letda Inf Agus Riantono selaku Ketua Panitia Zakat Fitrah Kodim 0815/Mojokerto Tahun 2022 mengatakan, tahun ini Kodim Mojokerto menyalurkan sejumlah 538 paket zakat fitrah berupa beras kemasan 3 kilogram kepada yang berhak menerima (Mustahiq).

Masih lanjutnya, zakat fitrah ini terkumpul dari seluruh anggota Kodim Mojokerto dan personel Koramil jajaran, baik militer maupun PNS TNI AD termasuk beberapa KBT (istri/suami dari TNI dan PNS Kodim Mojokerto). “Zakat fitrah yang kita himpun secara total berjumlah 1.614 kilogram beras yang dikemas menjadi 538 paket dan masing-masing kemasan seberat 3 kilogram. Selain zakat firtah, dihari yang sama juga disalurkan shidaqoh berupa beras dan dalam bentuk tunai.

Hari ini, sambungnya, zakat ini kita salurkan kepada yang berhak menerima (mustahik) diantaranya diutamakan ke fakir miskin dan sebagian ke Panti Asuhan Anak Yatim dilingkungan Makodim dan Makoramil jajaran termasuk Abang Becak dan warga lainnya sesuai kriteria penerima zakat.

Lebih lanjut dikatakan Letda Agus, kriteria penerima zakat fitrah adalah fakir miskin. Fakir adalah seseorang yang tidak dapat mencukupi setengah dari kebutuhan pokoknya dan tanggungannya, sementara miskin seseorang yang mempunyai pekerjaan akan tetapi tidak mencukupi pada waktu itu,” ujarnya.

Sekedar informasi untuk Koramil jajaran juga menyerahkan paket zakat fitrah berupa beras secara langsung ke masing-masing rumah para penerima zakat fitrah. Penyalurkan zakat fitrah ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI dalam hal ini Kodim 0815/Mojokerto kepada warga yang berhak mendapatkan zakat fitrah.

Sementara, Agus (30) warga Kelurahan Kauman Kota Mojokerto yang sehari-hari berprofesi sebagai penarik becak di seputaran Alun Alun Kota Mojokerto mengucapkan terima kasih atas zakat fitrah yang disalurkan Kodim Mojokerto. “Terima kasih zakat fitrahnya semoga bertambah barokah, aamiin”, tutupnya.

Pantauan dilapangan, tampak Sekretaris Panitia Zakat Fitrah Kodim 0815/Mojokerto, Peltu Muhadi, S.H.I., bersama Tim, dengan menggunakan kendaraan Strada berkeliling mendistribusikan zakat fitrah bagi para penerima diseputaran Makodim, wilayah Mojoanyar, Sooko dan Puri. ( pendim 0815)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Sinergitas Tiga Pilar Bubulan Bojonegoro, Kawal Operasi Pasar Migor Curah Bersubsidi
Next post Peduli Lingkungan Bersih, Babinsa Koramil 0814/09 Kudu Bersama Warga Desa Bersihkan Selokan Air