Komandan Koramil 14 Ngoro, Bersama Dinas Peternakan Jombang Periksa Sapi Di Pasar Hewan Ngoro Antisipasi Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK)

JOMBANG,– Pemkab jombang melalui Dinas peternakan melakukan Pemantauan dan Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada pasar hewan di wilaya kecamatan Ngoro Kab. Jombang. Hasilnya, sesuai laporan dari petugas teknis, belum ditemukan hewan bergejala PMK di wilayah kecamatan Ngoro.Minggu (15/5/2022).

Tindakan pemkab jombang tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur mengenai laporan kejadian penyakit akut pada ternak yakni PMK yang terjadi di Jawa Timur. PMK merupakan penyakit hewan menular akut yang menyerang ternak Sapi, Kambing, Domba, Babi, dan Kerbau dengan tingkat penularan mencapai 91-100 persen dengan kerugian ekonomi yang sangat tinggi.

Tanda klinis PMK, antara lain: demam tinggi antara 39-41°C, keluar lendir berlebihan dari mulut, luka seperti sariawan pada mulut dan lidah, hilang nafsu makan, pincang, luka pada kaki hingga lepas kuku, serta produksi susu menurun drastis.

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Camat Ngoro Ibu Yaumasyifa, Danramil 0814/14 Ngoro Kapten Inf Sujiono SE, Kapolsek Ngoro AKP Subatnas, Dr Hewan bapak Rizki dan perwakilan dari dinas peternakan kabupaten Jombang.

Pada kesempatan tersebut Komandan Koramil 0814/14 Ngoro Kapten Ifn Sujiono SE, menghimbau kepada seluruh penjual maupun pembeli hewan sapi maupun kambing yang berada di pasar hewan desa ngoro kecamatan ngoro”Di harapkan kepada semua penjual maupun pembeli harus selalu selektif dan hati hati dalam jual beli sapi saat ini karena adanya pmk ini, dilihat yang selektif mungkin kesehatan sapinya dan perlu di antisipasi bila kedatangan sapi dari luar daerah karena kita belum tahu kondisinya jagan sampai sapi dari luar membawa virus pmk.

Akan tetapi bagi semua penjual maupun pembeli serta peternak sapi jangan kawatir apabila ada gejala pada sapinya yang terkena pmk segera laporkan ke dinas terkait agar segera di tindak lanjuti supaya virus pmk tidak menyebar kemana mana. tutupnya.(Pendim0814)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Mayor Caj Bangun S Hadiri Kegiatan Halal Bihalal dan Santunan Anak Yatim Club King ( SKOK )
Next post Wujudkan Hubungan Harmonis Babinsa Mojoagung Komunikasi Sosial Dengan Warga Binaanya