Babinsa Koramil 0814/07 Kabuh Dampingi Dinas Peternakan Berikan Suntikan Vaksin PMK di Desa Tanjung Wadung

JOMBANG, – Babinsa Koramil 0814/07 Kabuh Kodim 0814/Jombang Sertu Suhadi melaksanakan pendampingan kepada Dinas Peternakan untuk memberikan vaksin terhadap hewan ternak lembu yang kena penyakit PMK di Desa Tanjung Wadung Kec. Kabuh. Minggu (3/7/2022).

Adapun pemilik Lembu yang kena PMK adalah Bapak Duto (63 thn) dengan jumlah hewan ternak 2 Ekor yang beralamat di dusun Wadung RT 2 RW 1 Desa Tanjung Wadun.

Sertu Suhadi mengatakan “Kami selalu siap mendampingi kegiatan vaksinasi guna mencegah virus PMK ini. Yang penting kami minta masyarakat segera melapor kepada petugas, bila hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK seperti, mulut keluar lendir atau busa, lepuh dibawah hidung, dan luka pada bagian kuku,” jelasnya.

Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan juga menyampaikan kepada masyarakat yang memiliki ternak khususnya sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan. Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit.

Tak lupa petugas yang hadir menyampaikan kepada para peternakan sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan orangnya. Sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan.

Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit. Wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya, dapat ditangani dengan cepat karenanya agar sedapat mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait, bila ada yang terjangkit PMK.

Adapaun yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah dari Dinas Peternakan Jombang drh Dony, Babinsa Desa Tanjung Wadung Sertu Suhadi, Kepala Dusun Wadung Bapak Tulus.(Pendim0814)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Atasi Kesulitan Warga Babinsa Selorejo Koramil Mojowarno Bantu Warga Bangun Rumah
Next post Anggota Ramil Ploso Kebersihan Stadion Merdeka Jombang Tetap Terjaga