Babinsa Dampingi Dinas Peternakan Berikan Sosialisasi Serta Obat Terhadap Hewan Ternak Milik Warga

JOMBANG, — Sertu Gunari, Babinsa Puton Koramil 0814/02 Diwek Kodim 0814/Jombang dampingi Muspika dan Dinas Peternakan melaksanakan sosialisasi di Desa binaan dalam rangka pemberian obat kepada peternak sapi dengan cara penyemprotan Dan pemberian vaksin terhadap hewan ternak untuk mencegah penularan virus PMK bertempat di Desa Puton Kec. Diwek Kab. Jombang, Senin (04/7/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Muspika Kec. Diwek Dan Dinas perternakan yang dihadiri oleh Drh. Aziz memberikan sosialisasi serta obat kepada para peternak sapi untuk diberikan kepada hewan ternaknya. Adapun Rincian yang terdampak Virus PMK di Kecamatan Diwek Kab Jombang berjumlah 215 ekor sapi, yang sudah sembuh 100 ekor ,45 belum sembuh dan 70 mati potong paksa, sedangkan untuk saat ini sudah di tangani oleh PPL pertenakan dan di beri obat ECOENZYME.

Dalam kesempatan yang sama Babinsa Sertu Gunari mengatakan bahwa pemberian obat dan penyemprotan dilakukan oleh dinas terkait untuk mengantisipasi dan mencegah meluasnya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak, hal tersebut menjadi salah satu upaya dari pemerintah untuk membantu para peternak di daerah.

“Penyakit mulut dan kuku (PMK) sangat berbahaya bagi hewan ternak yang terjangkit, adapun salah satu cirinya adalah nafsu makan hewan ternak berkurang, tubuh hewan ternak tidak sehat dan dapat menyebabkan kematian pada hewan ternak. Hal tersebut dapat menyebabkan kerugian bagi para peternak terutama di bidang ekonomi,” Ucapnya.

Dengan dilakukannya penyemprotan kandang dan penyuntikan obat terhadap hewan ternak harapannya dapat mencegah penularan PMK terhadap hewan ternak lainnya, sehingga kerugian para peternak dapat dimaksimalkan, imbuh Babinsa Puton.(Pendim0814)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa 0814/01 Kota Jombang menghadiri Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak (BIAN) & amp; Imunisasi PVC
Next post Babinsa 0814/10 Mojoagung Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak