Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Koramil Peterongan Pantau Ternak Sapi Warga Binaan

JOMBANG, – Personil Babinsa Makoramil 13 / Peterongan Dpp Bati tuud Pelda Nurkholis dampingi petugas dari Dinas Peternakan Kab Jombang melaksanakan pengecekan hewan ternak milik warga di Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Selasa (05/7/2022).

Pada kesempatan ini Bati tuud Pelda Nurkholis menyampaikan bahwa saat ini marak penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terutama hewan ternak jenis Sapi.

“Sebagai aparat kewilayahan Babinsa merasa ikut bertanggung jawab terhadap kondisi sosial ekonomi warga kami,” jelasnya.

Pelda Nurkholis juga menyampaikan kepada para warga harus tetap waspada terhadap kondisi hewan peliharaannya terutama sapi. Menurutnya, jika ada gejala sakit segera diperiksakan ke dokter hewan untuk mencegah agar tidak terlanjur sakit.

Perlu saya sampaikan juga bahwa ternak yang sedang sakit tidak boleh di jual dulu dan kita juga akan selalu kordinasi dengan dinas terkait untuk penyekatan dan pengawasan hewan ternak yang berasal dari luar wilayah agar supaya bisa meminimalisir penyebaran PMK sapi yang saat ini di perlukan atensi khusus agar wabah PMK sapi tidak semakin menyebar

“Kepada warga yang mempunyai hewan ternak harus tetap menjaga kesehatan hewan ternaknya, karena dengan sehatnya hewan ternak maka harga jualnya akan tetap tinggi dan akan menambah penghasilan para warga itu sendiri sehingga kondisi sosial ekonomi warga akan stabil,” pungkasnya.(Pendim0814)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Puluhan Ekor Sapi Di Wilayah Koramil Ngoro Divaksin & Diberi Vitamin
Next post Bati Bakti TNI Koramil 04 Gudo Hadiri Pelantikan Pimpinan Ranting Fatayat NU se Kecamatan Gudo