Puluhan Ekor Sapi Di Wilayah Koramil Ngoro Divaksin & Diberi Vitamin

MOJOKERTO,- Langkah penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kodim 0815/Mojokerto terus dilakukan dalam rangka menekan angka penularan PMK pada hewan ternak. Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajaran bersinergi Dinas Pertanian Kabupaten maupun UPT Distan tingkat kecamatan melakukan tindakan pencegahan dan penanganan melalui pemberian vaksin dan vitamin hingga penyemprotan disinfektan kandang ternak.

Seperti kali ini Koramil 0815/12 Ngoro menerjunkan Babinsa bersama Paramedis Distan melakukan vaksinasi dan pemberian vitamin yang berlangsung di dua dusun yakni Dusun Mojo dan Dusun Jampang Desa Kesemen, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Selasa (05/07/2022).

Pantauan Babinsa Kesemen Sertu Sugeng Prakto Wiyoto saat dilokasi menjelaskan, dikedua dusun ini tercatat hewan ternak yang berhasil divaksin sebanyak 60 ekor dengan rincian di Dusun Mojo 35 ekor dan Dusun Jampang 25 ekor. ”Selesai divaksin petugas juga memberikan sertifikat atau tanda ternak sapi sudah divaksin serta vitamin untuk hewan ternak”, terangnya.

Terpisah Danramil 0815/02 Ngoro Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, menegaskan, upaya pencegahan dan pengendalian penularan PMK terus dilakukan pihak Koramil bekerjasama dengan UPT Dinas Pertanian Kecamatan dan Forkopimcam. Kegiatan ini berlangsung diseluruh wilayah Koramil Ngoro, terlebih menjelang hari Raya Qurban atau Idul Adha.

Tak sebatas itu, lanjutnya, pihak Koramil bersama PPL UPT Distan dan unsur Forkopimcam dan Tiga Pilar Desa juga melakukan sosialisasi pengendalian PMK kedesa-desa diwilayah Kecamatan Ngoro, sekaligus menghimbau kepada warga pemilik ternak agar selalu menjaga kesehatan ternak dan menjaga kebersihan kandang serta alat peralatannya.

”Para peternak juga dihimbau untuk proaktif segera melapor jika ada indikasi ternak peliharaannya terjangkit PMK sehingga bisa ditangani dengan segera dan sebaran wabah PMK dapat dilokalisir”, tutup Pama kelahiran daerah Matraman. ( pendim 0815 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Laga Final Liga Santri PSSI Piala KASAD 2022 Zona Mojokerto Elkisi FC Vs Darut Taqwa Berujung Adu Pinalti
Next post Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Koramil Peterongan Pantau Ternak Sapi Warga Binaan