Turunkan Angka PMK Koramil Dlanggu Bersama BPBD Semprot Kandang Ternak

Mojokerto, – Salah satu upaya dan langkah memutus penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak terutama di wilayah Mojokerto Raya, hingga kini gencar dilakukan oleh Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil Jajaran dan Babinsa bekerjasama dengan BPBD, Forkopimcam, dan UPT Dinas Pertanian diwilayah kecamatan masing-masing.

Pantauan dilapangan kali ini Koramil 0815/14 Dlanggu bersama–sama dengan Personel BPBD Kabupaten Mojokerto, UPT Distan BPP Kecamatan Dlanggu dan Polsek melakukan penyemprotan disinfektan kandang ternak warga ditiga desa wilayah Kecamatan Dlanggu yakni Desa Kedunglengkong, Sumbersono dan Desa Segunung, Selasa, (12/07/2022).

Serma Taat Setyoko saat dilokasi mendampingi Tim dari BPBD dan PPL mengatakan, penyemprotan kandang ternak ini dimaksudkan untuk menekan angka terjangkitnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sekaligus meminimalisir penyebaran PMK pada hewan ternak milik warga, khususnya diwilayah Dlanggu.

Masih sambungnya, sudah kita ketahui bersama bahwa akhir–akhir ini PMK menyerang wilayah Mojokerto tak terkecuali di wilayah Kecamatan Dlanggu. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi para peternak, maka dari itu kami bersama–sama dengan staf dinas terkait aktif melakukan pemantauan, pendataan, himbauan hingga penyemprotan disinfektan.

Kami bersama PPL tak bosan – bosan mengajak warga pemilik ternak, agar rutin membersihkan kandang dan sekitarnya termasuk sarana prasarana yang digunakan. “Apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan kepada UPT Distan, sehingga dapat segera ditangani untuk meminimalisir penularan PMK terhadap hewan lainnya”, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Tingkatkan Ketahanan Pangan, Danrem 082/ CPYJ Manfaatkan Lahan Tidur Tanam Jagung
Next post Sertijab Danbrigif Mekanis 16/Wira Yudha, Dandim 0809/Kediri Bersama Forkompimda Beri Ucapan Selamat dan Sukses Kepada Pejabat Lama dan Baru