Siti Kholifah, Janda Buruh Tani Yang Rumahnya di Bangun Babinsa Desa Pakel Tuban

TUBAN, – Kepedulian TNI AD dalam membantu warga yang kurang mampu diwujudkan oleh Kodim 0811 Tuban. Salah satu warga yang beruntung yakni Ibu Siti Kholifah. Janda miskin 49 tahun yang bekerja sebagai buruh tani, Rt 19 Rw 04 di Dusun Krajan Desa Pakel Kecamatan Montong, Tuban itu mendapatkan bantuan renovasi rumah.

Rumah reyot Ibu Siti panggilan akrabnya yang hanya berukuran 4×7 meter dibongkar oleh pihak Kodim 0811 dan akan dibangunkan rumah baru yang lebih layak. Bantuan yang diberikan Kodim 0811 itu  merupakan program pemerintah provinsi jawa timur bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.


Terpilihnya rumah Ibu Siti menjadi sasaran renovasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) itu berdasarkan hasil rapat dan koordinsi Babinsa dan perangkat desa setempat yang menyarankan agar rumah tersebut layak mendapat bantuan.

Ibu Siti adalah janda miskin yang suaminya meniggal setahun yang lalu, sehari-hari bekerja sebagai buruh tani dan menghidupi anaknya yang masih duduk di Taman Kanak – Kanak. Kondisi rumahnya memprihatinkan, dindingnya masih gedhek (anyaman bambu) berlubang dan doyong dan hanya memepunyai satu tempat tidur yang jadi satu sama dapur. Alhamdulillah melalui program RTLH ini rumah tersebut akan dibangun menjadi rumah sehat dan layak huni,dan mempunya jamban yang sehat,’’ terang Babinsa Pakel Sertu Dinny Utama kepada media pendim Rabu, (13/7/2022).

Dinny berharap, kegiatan ini renovasi ini berjalan lancar dan mendapat dukungan dari warga, sehingga proses pengerjaannya sesuai dengan rencana dan waktu yang yang ditentukan. Kami akan bekerja semaksimal mungkin, selain tenaga tukang dari Babinsa, tanpa diminta warga sekitarpun dengan sukarela turut membantu,”ungkapnya.

Sementara itu, Darmu, (Ketua RT) setempat mengaku, dirinya siap mendukung kegiatan ini dengan membagi tugas kepada warganya. Alhamdulillah warga dengan senang hati meluangkan waktunya untuk membantu TNI dari Kodim 0811 Tuban yang sedang melaksanakan kegiatan bedah rumah milik ibu Siti ini,


Memang seyogyanya mendapatkan bantuan perbaikan RTLH, karena kodisi rumahnya yang memprihatinkan dan Ibu Siti sendiri seorang janda yang anaknya masih duduk di bangku Taman Kanak – Kanak, ’’ungkap Pak RT. (Pendim 0811)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Korem 083/Bdj Berserta Kodim dan Yonif Jajaran Melakukan Penanaman Serentak
Next post Cegah Stunting, Babinsa Koramil Bangsal Dampingi Penyerahan Bantuan PMT Untuk 4 Posyandu