Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito,Terus Pantau Hewan Ternak Warga Yang Terjangkit Virus PMK

JOMBANG,- Babinsa Koramil 11/Sumobito melakukan pemantauan peternakan sapi milik warga di Desa Brudu, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, untuk sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
Rabu (13/7/2022).

Komandan Koramil 11/Sumobito Letda Arm Mujianto mengatakan, kegiatan anjangsana itu dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing.

“Kita kerahkan para Babinsa diwilayah kita untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada. Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK,” katanya.

Ia mengimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari Desa lain.”tegasnya.

Serda Warkan Babinsa Desa Brudu saat melaksanakan pemantauan bersama perangkat desa terhadap sapi warga menghimbau Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah).

“Untuk sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi ada beberapa yang sudah terindikasi PMK dan di dampingi oleh perangkat desa semuanya dalam pemantauan apabila ada informasi lanjutan akan di sampaikan ke aparat desa masing masing agar pmk segera teratasi di wilayah kita,” katanya.(Pendim0814)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa 0814-10/Mojoagung Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak Diwilayah Binaan
Next post Lepas Sambut Kapolres di Makodim 0812/Lamongan tak lepas dari pedang Pora