Koramil 0815/11 Pungging, Bersama Forkopimcam Dan Dishub Lakukan Pembatasan Lalu Lintas Distribusi Hewan

MOJOKERTO, – Menyikapi Instruksi Pemerintah yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dalam upaya mencegah semakin meluasnya wabah PMK diwilayah, Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815/Mojokerto bersama Forkopimcam Kecamatan Pungging melakukan penyekatan lalu lintas pengangkut hewan ternak di Jalan Raya Adisono, Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (15/07/2022).

Danramil 0815/11 Pungging Kapten Inf Desto Jumeno saat dilokasi mengungkapkan, perkembangan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) hingga hari ini masih ada dan menjadi pusat perhatian semua pihak. Namun tentunya penanganan PMK ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri namun dibutuhkan kerja sama antar instansi.

Masih lanjutnya, selain melakukan penanganan atau tindakan, untuk meminimalisir penyebaran PMK melalui upaya pencegahan, salah satunya melakukan pembatasan lalu lintas distribusi hewan. Karena distribusi atau perpindahan hewan ternak dari satu tempat ke tempat lainnya menjadi salah satu faktor dalam penularan wabah penyakit mulut dan kuku yang terjadi saat ini.

Untuk itu, kami Forkopimcam Pungging, mulai Camat, Danramil, Kapolsek bersama Dishub melakukan pengawasan secara ketat pada jalur yang dilalui kendaraan pengangkut hewan ternak terutama dari luar daerah yang akan mengirimkan hewan ternak ke wilayah Kabupaten Mojokerto khususnya Kecamatan Pungging.

Tentunya pemeriksaan yang kami lakukan ini, lanjutnya, untuk memastikan kelengkapan surat keterangan sehat atau ijin dari dinas terkait. “Jika pengemudi tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat maupun ijin, maka kami akan berikan peringatan, dan meminta untuk putar balik kendaraannya. Hal ini kami lakukan untuk mengoptimalkan penanganan PMK diwilayah tanggung jawab kami”, tegas Danramil.

Pantauan dilapangan saat pelaksanaan kegiatan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan pengangkut hewan, belum ditemukan pelanggaran, dan hewan ternak tidak ada yang terinfeksi PMK.

Selain Danramil, tampak pula dalam kegiatan ini, Camat Pungging Amzar Azhary Siregar, S.H., M.M., Kapolsek Pungging AKP Margo Sukwandi beserta anggota, Kasi Trantib Kecamatan Pungging Khoirul Huda, dan para Babinsa Koramil 0815/11 Pungging. (Pendim0815)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bantu Ketersediaan Stok Darah PMI, Muspika Kecamatan Pagu Gelar Donor Darah
Next post Peduli Generasi Bangsa, Babinsa Koramil 13 Tambakboyo Tuban Berikan Pelatihan Baris Berbaris Siswa MI Ar Rohim