Koramil 0815/14 Dlanggu Berikan Pelatihan Baris Berbaris Kepada SMK Negeri 1 Dlanggu

MOJOKERTO, – Koramil 0815/Dlanggu Kodim 0815/Mojokerto memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang bertempat di SMK Negeri 1 Dlanggu, Jalan Ahmad Yani Nomor 1 Desa Pohkecik, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (18/07/2022).

Materi Pelatihan Baris Berbaris yang diberikan kepada siswa-siswi kelas X, XI dan XII SMK Negeri 1 Dlanggu oleh personel Koramil 0815/14 Dlanggu bertujuan untuk membentuk karakter atau perwatakan siswa SMK Negeri 1 Dlanggu. Demikian diungkapkan Bati Tuud Koramil 0815/14 Dlanggu Peltu Giyono saat mengawali pelatihan baris berbaris.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa pengertian Baris Berbaris adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan atau karakter tertentu.

Masih lanjutnya, tujuan dari latihan baris berbaris ini, diantaranya membentuk jasmani yang tegas dan tangkas, menumbuhkan rasa tanggung jawab, membentuk disiplin dengan menempatkan kepentingan bersama diatas kepentingan individu. ”Dari karakter yang bertanggung jawab inilah akan terbangun kekompakan”, tegasnya

Sementara Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Dlanggu, Samsul Hadi, S.Pd., saat dikonfirmasi mengatakan akan pentingnya kedisiplinan bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Dlanggu, “SMK Negeri 1 Dlanggu bekerjasama dengan Koramil Dlanggu, baik sebagai pemateri maupun Pembina Peraturan Baris Berbaris dalam rangkaian pelaksanaan MPLS.

Melalui pembinaan dari Koramil Dlanggu kami melihat pentingnya mendisiplinkan siswa-siswi khususnya yang baru pulang dari praktek kerja lapangan PKL atau PSG di industri. “Kami berharap, lanjut Samsul, dengan pembinaan Peraturan Baris Berbaris dari Koramil 0815/14 Dlanggu semakin mendisiplinkan siswa-siswi SMK Negeri 1 Dlanggu, dimana ini akan menjadi cerminan sekolah”, tutupnya.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan pelatihan materi PBB dihari pertama, berlangsung di Lapangan Desa Pohkecik, Dlanggu dan diikuti sekitar 360 siswa. Sekedar informasi, kegiatan Masa Pengenalan LIngkungan Sekolah (MPLS) Tahun 2022/2023 dimulai hari ini, Senin 18 Juli 2022, diikuti seluruh siswa Kelas X, XI dan XII SMK Negeri 1 Dlanggu, pelaksanaannya satu rangkaian dengan kegiatan Pelaksanan MPLS kelas X, lokasinya di lapangan Desa Pohkecik, Dlanggu selama 4 hari, mulai Senin hingga Kamis (21/07) mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Korem 082/CPYJ Melaksanakan Upacara Bendera 17- an dengan Khidmat
Next post Upacara 17-an Kodim 0811 Tuban Berlangsung Khidmat