Reaksi Cepat Babinsa Koramil Dawarblandong Dan Nakes PKM Cegah Sebaran Covid-19

MOJOKERTO, – Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815/Mojokerto Serma Wahyu Trihandoko bersama Nakes UPT Puskesmas Dawarblandong melaksanakan penelusuran (tracing) terhadap kontak erat warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Dusun Jombangan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (18/07/2022) .

Disela-sela kegiatan, Babinsa Sumberwuluh Serma Wahyu Trihandoko, mengatakan, tracing ini dilakukan setelah adanya informasi data pasien terkonfirmasi melalui rilis PKM ke Nakes desa, yang ditindaklanjuti oleh empat pilar desa dengan melakukan penelusuran kontak erat dilapangan. ”Jadi Ketika ada informasi pasien terkonfirmasi positif, kami bersama empat pilar desa dan Tim PKM turun langsung ke lapangan, melakukan tracing dan testing”, katanya.

Dalam tracing kali ini, lanjutnya, menyasar 20 warga kontak erat pasien terkonfirmasi positif, 17 diantaranya tetangga dan 3 dari kalangan keluarga. “Dari 20 orang warga kontak erat ini dilakukan pemeriksaan melalui rapidtest antigen oleh bidan desa dan tim medis PKM Dawar, dengan hasil seluruhnya negatif”, tutupnya.

Sementara, Bidan Desa Sumberwuluh, Wahyu Puji Astutik, A.Md., Keb., menjelaskan, tes antigen merupakan pemeriksaan imunitas yang bertujuan untuk mendeteksi adanya antigen dari suatu virus yang menandakan adanya infeksi terhadap virus tersebut. “Rapid test antigen digunakan untuk mendapatkan diagnosis pathogen dari pernapasan, dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui metode yang dikenal dengan istilah swab”, jelasnya singkat.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/08 Dawarblandong, Kapten Inf Benny Irawan, A.M.d., saat dikonfirmasi, tidak menampik bila diwilayahnya ada warga yang terkonfirmasi positif covid-19. Menurutnya, warga tersebut, saat ini masih dalam perawatan disalah satu rumah sakit dibilangan Gresik.

Masih lanjutnya, tracing dan testing yang dilakukan Babinsa, bersama Bhabinkamtibmas, perangkat desa, Nakes desa, dan Tim PKM, sebagai upaya pencegahan sekaligus melokalisir sebaran virus covid-19 dilingkungan warga terkonfirmasi positif sehingga persebarannya bisa dikendalikan.

Lebih jauh dikatakannya, diwilayah Dawar kasus covid-19 cenderung landai dan terkendali, tentunya situasi ini tidak terlepas dari capaian vaksinasi yang sudah merata disemua kalangan usia, dan adanya peningkatan kualitas hidup masyarakat. ”Namun demikian kita tidak boleh terlena, karena covid-19 masih ada, dan langkah paling aman jangan terlena dengan situasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian”, pungkasnya.

Pantauan dilapangan, tampak Bidan Desa Sumberwuluh bersama tim medis PKM Dawar dengan didampingi melakukan tracing dan testing terhadap 20 warga kontak erat pasien terkonfirmasi positif covid-19. Kegiatan ini dipantau langsung Kades Sumberwuluh, Kunardi, S.Sos., dengan pendampingan Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Terpantau, disela-sela kegiatan, Tim Tracing juga berpesan agar warga tetap patuh pada Prokes, paling tidak memakai masker, jaga Jarak, dan mencuci tangan dengan sabun diair mengalir. (Pendim0815)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Koramil 0814/01 Kota Jombang Melatih PBB Bentuk Mental,Disiplin Serta Karakter SMA 1 Muhammadiyah
Next post Danrem 082/CPYJ Vidcon Rakornis TMMD ke-114 Tahun 2022 di ruang Command Center lantai 3 Pemda Kab.Lamongan