Tanamkan Kedisiplinan, Koramil Magersari Kerahkan Babinsa Bentuk Karakter Siswa Baru SMP-SMA-SMK

MOJOKERTO, – Untuk membentuk karakter kedisiplinan siswa-siswi baru, Koramil 0815/19 Magersari menugaskan para Babinsa membekali materi PBB saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) disekolah-sekolah yang tersebar diwilayah Kecamatan Magersari dan sebagaian wilayah Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (19/07/2022).

Tak hanya menugaskan para Babinsa, Pgs. Danramil 0815/19 Magersari Lettu Inf Purwono, turun langsung memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di SMAN 2 Kota Mojokerto, Jalan Raya Ijen Nomor 09, Kelurahan Wates, Magersari.

Di lokasi ini, Pgs. Danramil 0815/19 Magersari didapuk memberikan materi Wasbang dan Bela Negara bagi siswa baru kelas X, sementara untuk siswa kelas XI dan XII langsung menerima materi praktek LBB, secara keseluruhan diikuti sekitar 800 siswa-siswi dengan disaksikan langsung Kasek SMAN 2, Sugeng Wibawana, dan para Guru Pendamping.

”Edukasi dalam sikap kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting sebagai dasar dalam membentuk karakter generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan diera modern saat ini yang begitu kompleks, termajuan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang berpotensi dapat merubah mindset dan perilaku”, ungkap Lettu Inf Purwono saat mengawali materinya.

Pun demikian, lanjutnya, pengetahuan, dan pemahaman wawasan kebangsaan (Wasbang) dan bela negara juga sangat dibutuhkan bagi generasi muda yang kelak akan memegang estafet kepemimpinan dinegeri ini. ”Karena selain agama sebagai landasan keimanan dan moralitas, pemahaman dan penerapan nilai-nilai Wasbang dan Bela Negara juga diperlukan sebagai upaya pembinaan jati diri bangsa agar mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa dimasa mendatang”, tegasnya.

Masih diwilayah Kecamatan Magersari, pembekalan materi kedisiplinan pada MPLS juga dilakukan Koramil 0815/19 Magersari, bagi siswa-siswi SMKN 1 Kota Mojokerto, di GOR Ahmad Yani, Kelurahan Wates, yang diikuti sekitar 1.010 siswa. Pembekalan materi PBB yang dipandegani Pelda Syamsul Huda inipun diapresiasi Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Mojokerto, Abadi, S.Pd. M.Pd.

Pada kesempatan ini, Kasek Abadi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koramil Magersari yang telah meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan dan pelatihan dasar kedisiplinan bagi anak siswa-siswi SMKN 1 Kota Mojokerto. ”Kami berharap ini langkah awal bagi kami dalam membentuk dan mendidik mereka ke depan sehingga menjadi manusia yang bermanfaat bagi dirinya dan tentunya bagi daerahnya, bangsa dan negara”, harapnya.

Masih dalam rangkaian MPLS, Koramil 0815/19 Magersari juga menugaskan para Babinsa untuk melatih PBB siswa-siswi SMP Islam Plus Al-Azhar, Kelurahan Kedundung, Magersari dan SMP Islam Terpadu (SMPIT) Permata, Kelurahan Meri, Kecamatan Kranggan. (pendim 0815)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Danrem 082/CPYJ Vidcon Rakornis TMMD ke-114 Tahun 2022 di ruang Command Center lantai 3 Pemda Kab.Lamongan
Next post Koramil Dawarblandong Gandeng Forkopimcam & PKM Dobrak Cakupan Vaksinasi Booster