Begini Cara Danramil Gondang Bentuk Karakter Siswa Baru

MOJOKERTO, – Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajaran terus berpartisipasi aktif dalam penguatan pendidikan karakter bagi generasi muda khususnya siswa-siswi baru dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Bentuk partisipasi ini diwujudkan melalui pengisian materi-materi pelatihan seperti PBB dan pembekalan materi wawasan kebangsaan dan bela negara.

Seperti Koramil 0815/18 Gondang yang dipandegani Danramil, Kapten Czi M. Saikhu Anwar, turun langsung ke SMAN 1 Gondang, Jalan Raya Pugeran Nomor 61, Desa Pugeran, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (20/07/2022).

Kegiatan MPLS diawali dengan pembekalan materi wawasan kebangsaan dan bela negara dalam menghadapi ancaman non militer, oleh Danramil 0815/18 Gondang, Kapten Czi M. Saikhu Anwar. Dijelaskannya, bahwa ancaman non militer merupakan ancaman pertahanan yang sifatnya tidak langsung mengancam kedaulatan, keutuhan dan keselamatan bangsa, namun resikonya dapat menghambat, dan mengganggu pembangunan nasional bahkan mengancam kredilitas pemerintah dan eksistensi bangsa.

Untuk menangkal hal ini, lanjutnya, khususnya bagi generasi muda maka perlu pemahaman wawasan kebangsaan dan bela negara, sehingga sikap dan perilaku kita sebagai warga negara selalu dijiwai kecintaan terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Lebih lanjut dikatakannya, sedemikian pentingnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai bela negara, bagi kita semua khususnya generasi muda dalam membentengi diri dan menangkal pengaruh negatif, sebagai dampak dari modernisasi dan kemajuan teknologi informasi.

Dihadapan ratusan siswa-siswi, Kapten Czi M. Saikhu Anwar, melanjutkan, nilai-nilai bela negara ini yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara. ”Nilai-nilai ini harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, tandas Danramil pada penutup materinya.

Usai pembekalan materi Wasbang dilanjutkan pelatihan PBB dengan materi gerakan di tempat, gerakan berjalan, dan penghormatan. Pelatihan PBB yang berlangsung di Lapangan SMAN 1 Gondang ini, dipimpin Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang Peltu Rudi Suhartono beserta 5 personel Babinsa.

Pantauan dilapangan, kegiatan MPLS di SMAN 1 Gondang ini diikuti 320 siswa kelas X, laki-laki 106 siswa dan perempuan 214 siswa, serta dihadiri Kepala Sekolah Hj.Nurul Wakhidah, S.Pd., M.M.Pd., dan Ketua Panitia MPLS SMAN 1 Gondang, Gunadi, S.Pd beserta tim.

Ditambahkan Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang Peltu Rudi Suhartono, selain di SMAN 1 Gondang, dalam MPLS ini Koramil Gondang juga memberikan materi pelatihan PBB dan Wasbang dibeberapa sekolah, diantaranya SMAS Islam Diponegoro, SMPN 1 Gondang, SMPN 3 Gondang, SMA PGRI Gondang, dan Pondok Pesantren Salafiyah Al Goist, Gondang. (pendim 0815)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Peran Aktif Koramil 0815/07 Jetis Edukasi Wawasan Kebangsaan Dalam MPLS
Next post Kunjungan Kerja Ke Ranting 04 Semanding, Persit KCK Cab. XXVI Dim 0811 Tuban Laksankan Pengajian