Dandim 0809/ Kediri dan Forkompimda Hadiri Gebyar Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jatim 2022

KEDIRI, Komandan Kodim 0809/Kediri Letnan Kolonel Inf. Rully Eko Suryawan. S. Sos menghadiri Gebyar Hari Koperasi ke – 75 Propinsi Jawa Timur. Kamis (21/7/2021) acara itu diselenggarakan di Hall Monumen SLG Kabupaten Kediri yang dihadiri sekitar 1000 tamu undangan.

Acara Gebyar Koperasi di buka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jatim mewakili Gubernur dengan tanda pemukulan Gong.

Hadir pula Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jatim Dr. Andromeda Qomariah, Ketua DPRD Provinsi Jatim H. Kusnadi, Ketua Dekotin Pusat Dr. Sri Untari Bisowarno, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho beserta Kabag Ops Kompol Moch Mansyur, Sekda Kabupaten Kediri Dede Sudjana, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, Kadin Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri Mamiek Amiyati, Kasatpol PP Kabupaten Kediri Sunar Utomo, Kabid Dalops Dishub Joko Suwarsono ,Kadis Kesehatan Kabupaten Kediri Dr. Ahmad Khotib, Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo,Kepala Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiyawan, Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jatim Drs H. Subianto, Ketua Panitia H. Buat Santoso,Para Pelaku Koperasi se Propinsi Jawa Timur, Pengadilan Kabupaten Kediri, Kejaksaan Kabupaten Kediri, dan Kepala Koperasi se Kabupaten Kediri beserta anggota.

Acara diawali dengan penampilan Kelompok tari dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, Penayangan Profil Koperasi Wilayah Jawa Timur dan Fashion Show Batik Khas Kediri oleh Koperasi Kirana diiringi dengan musik sambil membacakan narasi tentang batik Kediri.

Dalam kegiatan tersebut ada penyerahan hadiah pemenang lomba Kopwan terbaik dalam mengembangkan Koperasi di Jawa Timur tahun 2022 dan Koperasi Siswa sekolah terbaik dalam mengembangkan keanggotaan koperasi di Jatim tahun 2022.

Penyerahan Dekopinda Kabupaten /Kota Berprestasi dan teraktif dalam pembinaan Koperasi daerah Tahun 2022 oleh Ketua Umum Dekopin Dr. Sri Untari Bisowarno kepada Bupati Kediri dan Bupati Tulungagung.

Dalam sambutannya Ketua Dekopinwil Slamet Sutanto menyampaikan, “Peringatan hari Ulang tahun Koperasi ke- 75 provinsi Jawa timur 2022 yang bertepatan pada tanggal 12 Juli 2022 kemaren namun bersamaan dengan hari Raya Idul Adha, maka hari ini Konggres Pertama Koperasi baru bisa dilaksanakan di wilayah Kediri, dan rencana kedepan akan ada lomba dan bazar nasional. Bersama Koprasi, bersama bangkit dan tidak akan sulit jika kita bekerja sama dengan baik.

Sebagai wujud nyata panitia telah mengundang 1000 orang dan hari ini Alhamdulillah lebih dari undangan yang hadir dan sangat luar biasa,Trimakasi atas semua kerjasamanya,”ungkapnya.

Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI Ahmad Zabadi secara daring juga menyampaikan, “Kami apresiasi dengan adanya Koprasi akan meningkatkan perekonomian menjadi baik. Kita perlu mendorong peningkatan Koprasi kedepan dengan partisipasi masyarakat dengan melibatkan Koprasi. Pasal 33 ayat 1 adalah final terkait Koprasi dalam asas kekeluargaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Peran Koprasi sangat penting dan berperan penting terhadap UMKM dan yang lain nya. Pada akhir Tahun 2023 ini kita membangkitkan perkoperasian yang dapat di sahkan mendorong masyarakat dan mendukung bisnis dan gerakan nasional revolusi mental yang diterapkan pemerintah.

Kita bangun karakter Revolusi mental yang berbasis kekeluargaan dan gotong royong bersama .Selamat kepada seluruh panitia Dekopin Jatim semoga Allah SWT memberikan kemudahan kepada kita. “Selamat Hari Koprasi ke- 75 Koprasi,”tutupnya.

Dalam sambutannya Ketua Umum Dekopin Dr. Sri Untari Bisowarno juga menyampaikan,” Kita ber Bhineka tunggal Ika membangun Koprasi Wilayah Provinsi Jatim. Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Kediri yang telah menjadi penyelenggara kegiatan ini dan yang menyukseskan kegiatan hari Koprasi ke- 75 provinsi Jawa Timur 2022.

“Kami optimistis Jatim bangkit melaui Koprasi. Kita harus punya pemikiran optimis bangkit dan bagai mana kita menyiapkan ketahanan pangan kita dimana saat ini ada pengaruh perang Ukraina. Koprasi ini membangun 1000 sumur lebih untuk membantu kehidupan masyarakat.Koprasi mengurus Ekonomi, Sosial dan Budaya Lingkungan. Kami mohon kepada ibu Andro diteliti terkait perekonomian di wilayah Jatim yang terkait dengan perkoperasian. Kita ingin Ketahanan pangan yang berkelanjutan dengan melibatkan Koprasi,”Ungkapnya.

Ketua DPRD Provinsi Jatim H. Kusnadi dalam sambutannya juga menyampaikan,” Atas nama Provinsi Jatim saya ucapan selamat hari Koprasi ke-75 provinsi Jawa timur 2022 .Sistim perekonomian apa yang menjadi dasar perekonomian kita yaitu sistim perekonomian yang dibangun atas sistem Perkoperasian.

Pembangunan perekonomian kita dibangun secara masif dengan melaui Koprasi dan dilakukan dengan cara gotong dan bersama sama.Prinsip ini adalah untuk memajukan masyarakat dan bangsa Indonesia. Kita harapkan Koprasi dibawah Dekopin akan bangkit dan sebagai penggerak perekonomian kita, yaitu pertumbuhan ekonomi Jatim. Koprasi sangat penting dan Koprasi adalah kumpulan masyarakat yang akan dapat memberikan manfaat dalam perekonomian kita,”ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur Dr. Andromeda Qomariah mewakili Gubernur Jatim juga menyampaikan, ” Koprasi harus punya solidaritas yang tinggi untuk membangun perekonomian dan pertumbuhan ekonomi kita. Saya akui Jawa Timur pesat sekali terkait Perekonomian, mari kita kembangkan Koprasi yang inovatif, Koperensif dan akomodatif, Pembangunan Koprasi di Jawa Timur semoga dikembangkan dengan berkelanjutan. Semoga generasi muda kita Jatim mengerti dan mengehui terkait dengan Perkoperasian. “Semoga Perkoperasian Jawa timur tumbuh dengan hebat dan bermanfaat,”pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0809 Kediri Letkol Inf. Rully Eko Suryawan diruang terpisah saat ditemui awak media juga apreasi terkait kegiatan Gebyar Hari Koperasi ke 75 Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan di wilayah Kediri. Menurutnya manifestasi gotong royong dalam sila ke-4 Pancasila telah tergambar dari peranan koperasi. Hal tersebut terbukti bahwa koperasi tetap tangguh walaupun dihantam badai krisis apapun.

“Manifestasi dari gotong royong secara ekonomi di Indonesia adalah koperasi. Koperasi terbukti menjadi soko guru perekonomian yang tangguh walau dihantam badai krisis apapun,” Kata Dandim 0809/Kediri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Tanamkan Kedisiplinan, Koramil 0815/16 Pacet Bina Siswa SMP-SMK
Next post Babinsa Koramil Dlanggu Aktif Dampingi Layanan Vaksin Booster