Bentuk Generasi Muda Berprofil Pancasila, Kodim Bojonegoro bekali Pelajar dengan Wawasan Kebangsaan

BOJONEGORO, –    Dalam rangka meningkatkan jiwa nasionalisme, dan karakter yang mandiri terhadap generasi muda, jajaran TNI dari Kodim 0813 Bojonegoro, memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada ratusan pelajar SMK Negeri 3 Bojonegoro dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2022/2023.

Selaku pemateri pada kegiatan tersebut, Bintara Penerangan Kodim 0813 Bojonegoro, Pelda Sugiono, Jum’at (22/7/2022), menyampaikan poin – poin penting tentang nilai-nilai Kebangsaan, Pancasila, Nasionalisme serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut Dia, pembekalan Wasbang tersebut bertujuan agar para siswa sebagai generasi penerus bangsa memiliki wawasan kebangsaan yang luas, sehingga rasa kecintaannya terhadap tanah air semakin meningkat.

“Pembinaan Wasbang ini untuk membentuk pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang potensial dan berwawasan kebangsaan,” ujarnya.

Ditambahkannya, materi kedisiplinan, kekompakan, kebersamaan dan kesantunan serta bela negara juga diberikan dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Menuju Profil Pelajar Pancasila Yang Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bergotong-Royong, Berkebinekaan Global, Bernalar Kritis dan Kreatif’.

“Harapannya, materi-materi yang sudah diberikan kepada para pelajar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan sekolah, dilingkungan keluarga maupun dilingkungan masyarakat,” kata Pelda Sugiono.

Sementara Kepala SMK Negeri 3 Bojonegoro, Cipto, S.Pd., M.MPd., mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran TNI dalam hal ini Kodim 0813 Bojonegoro bahwa dengan pelibatan TNI seperti pada kegiatan MPLS ini sangat dibutuhkan guna pembentukan karakter, kedisiplinan dan wawasan kebangsaan terhadap generasi muda sehingga memiliki karakter dan kedisiplinan yang kokoh. “Pembekalan bela negara, kedisiplinan, karakter dan wasbang bagi siswa-siswi ini sudah tepat dengan pendidikan saat ini di era kurikulum merdeka. Harapannya para siswa tersebut, memiliki profil pelajar Pancasila,” pungkasnya. (pendim0813)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Koramil Jogoroto Berikan Wasbang dan Pelatihan PBB Siwa Baru
Next post Masa Pengenalan Lingkungan Siswa MAN 1 Kota Kediri, Koramil 0809/01 Kota Beri Materi Wasbang dan LBB