Kodim 0815/Mojokerto Latih Siswa Baru SMK Taman Siswa Dalam MPLS

MOJOKERTO, – Kodim 0815/Mojokerto menugaskan sejumlah Personel Staf Makodim untuk memberikan pengenalan dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan latihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada ratusan siswa baru SMK Taman Siswa, Jalan Panderman VIII, Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (21/07/2022).

Batipers Kodim 0815/Mojokerto, Peltu Muhadi, S.H.I., yang turun langsung dalam pelatihan di Lapangan Wates ini, mengawali materinya, menjelaskan tentang nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air. Dijelaskannya kedudukan Pancasila sebagai dasar negara ini, tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

Masih lanjutnya, Pancasila diputuskan menjadi dasar negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945, bersamaan dengan disahkannya UUD 1945. ”Dasar negara ini juga disebut dengan istilah ideologi negara”, jelasnya.

Masih dalam kesempatan tersebut, Batipers juga menjelaskan tentang lambang negara, yaitu Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang negara Indonesia ini berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan. Aturan mengenai lambang negara Indonesia ini tercantum dalam Pasal 36A UUD 1945.

Dihadapan 660 siswa baru, selain Garuda Pancasila, Batipers juga menjelaskan tentang Bendera Merah Putih, Bahasa Indonesia, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Keempat simbol ini merupakan jati diri bangsa dan identitas Negara Kesatuan Reupblik Indonesia (NKRI), yang diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Usai memberikan materi wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, Peltu Muhadi didampingi Kapok Tuud Kodim 0815/Mojokerto, Serma Samian beserta 8 Personel Staf Makodim 0815/Mojokerto, memberikan pelatihan pertauran baris berbaris (PBB) kepada siswa-siswi baru SMK Taman Siswa, meliputi materi gerakan ditempat, perubahan arah dan gerakan berjalan. Terpantau dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, mulai Rabu (20/07) hingga Kamis (21/07), para siswa tampak antusias dan penuh semangat mengikuti jalannya latihan.

Terpisah, Dandim 0815/Mojokerto, Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., melalui Pgs. Perwira Seksi Personel (Pasi Pers) Kodim 0815/Mojokerto, Letda Inf Agus Riantono, saat dikonfirmasi, mengatakan, pelibatan Personel TNI dari Makodim 0815 dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di sekolah-sekolah ini, merupakan bentuk partisipasi aktif TNI dalam penguatan pendidikan karakter bagi generasi muda, khususnya siswa-siswi baru.

Masih lanjutnya, pelibatan personel TNI dari Makodim ini, sebatas pada pembinaan karakter yang diwujudkan melalui pemberian materi pelatihan baris-berbaris atau PBB, upacara bendera, termasuk pelajaran wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

”Melalui pelatihan PBB ini diharapkan bisa menanamkan kedisiplinan, kekompakan dan jiwa korsa. Pun demikian dengan nilai-nilai kebangsaan bertujuan agar generasi muda lebih mencintai dan bangga atas tanah airnya, sehingga pembentukan karakter bisa terbentuk sejak dini”, tutupnya. (pendim 0815 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post kesiapan menghadapi Liga Santri berikutnya. Tim perwakilan Kodim 0812 Lamongan gelar uji coba
Next post Koramil Jogoroto Berikan Wasbang dan Pelatihan PBB Siwa Baru