Masa Pengenalan Lingkungan Siswa MAN 1 Kota Kediri, Koramil 0809/01 Kota Beri Materi Wasbang dan LBB

KEDIRI || – Para Babinsa Koramil 0809/01 Kota Kodim 0809/Kediri diterjunkan untuk berperan serta dalam Latihan Baris – Berbaris (LBB) dan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi para peserta didik baru yang memasuki Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kegiatan yang dikemas dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tersebut dilakukan secara serentak di seluruh sekolah mulai sekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat atas wilayah Kota Kediri. 

Kali ini, Terlihat Serma Djazuli beserta 3 orang Anggota sedang memberikan materi LBB kepada 422 siswa – siswi  MAN 1 Kota Kediri di lapangan Kelurahan Ngronggo Kecamatan Kota Kediri. Jumat (22/7/2022).

Anggota Koramil 0809/01Kota Kediri Bekali Siswa Siswi Baru Kelas X MAN 1 Kediri dengan Latihan LBB di Lapangan Jl. Sunan Ampel Kecamatan Kota Kediri. Jumat (22/7/2022)

Dalam materinya, Serma Djazuli menjelaskan tentang Empat Pilar Kebangsaan atau Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Semua materi tersebut dikupas satu persatu agar dapat dimengerti oleh para siswa peserta didik baru.

Selain materi Empat Pilar Kebangsaan, anggota Koramil tersebut juga menjelaskan materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Generasi Muda.

Usai pemberian materi wawasan kebangsaan, dilanjutkan dengan latihan LBB. Para siswa -siswi diajarkan mengenai gerakan di tempat, gerakan perubahan arah, gerakan berjalan dan penghormatan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan sikap displin, jiwa nasionalisme, sikap patriotisme di kalangan para siswa,” Pungkas Serma Djazuli. 

Ditempat terpisah, Danramil 0809/01 Kota Kapten Inf Sunarjo juga menyampaikan, bahwa TNI selain melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya yaitu dengan melaksanakan Wasbang dan memberikan Materi PBB di sekolah – sekolah atau instansi lain nya baik teori maupun praktek,” ucap Danramil.

Sementara itu Drs H. Hary Wiyanto selaku kepala sekolah MAN 1 Kora Kediri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI khususnya anggota Koramil 01/Kota Kediri. 

Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mempererat hubungan TNI dengan Instansi Sekolah, kami berharap kegiatan ini nantinya bisa berlanjut dan bisa meningkatkan semangat atau motivasi siswa – siswi MAN 1 Kediri,” pungkasnya.(pendim0809)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bentuk Generasi Muda Berprofil Pancasila, Kodim Bojonegoro bekali Pelajar dengan Wawasan Kebangsaan
Next post Kebugaran tubuh faktor utama penunjang tugas , Personel Korem 083/Bdj dan Satbalakrem Senam Aerobik Bersama.