Babinsa 0814-10/Mojoagung Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak

JOMBANG,- Program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang dimulai, yang dilakukan oleh petugas dan didampingi oleh Babinsa dan Perangkat Desa, Minggu (24/07/2022).

Sapi yang menjadi sasaran vaksinasi, di antaranya sapi yang sehat tidak dalam kondisi sakit atau yang sudah sembuh dari PMK, kemudian sapi yang masa hidupnya masih panjang, bukan sapi yang akan dipotong. Dan usia sapi yang sudah bisa divaksin, yaitu minimal umur dua minggu.

Drh. Niken mengatakan pemberian vaksin PMK ini, dapat mencegah meluasnya penyebaran virus PMK dan memutus rantai penularan wabah PMK di Kecamatan Mojoagung, sekaligus pemberian vaksin PMK bertujuan agar masyarakat tidak resah serta dapat kembali memberi keuntungan peternak dalam usaha peternakan.

Babinsa 0814-10/Mojoagung Serda R. Suta Samudra Menyatakan bahwa TNI selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan, Penyakit ini sangat berbahaya dan mudah sekali menular melalui kontak langsung antara hewan yang tertular dengan hewan yang rentan penyakit serta melalui leleran lendir hidung, dan serpihan kulit.

Lanjutnya, Ia juga menuturkan kepada peternak sapi untuk rutin membersihkan kandangnya, apabila terdapat gejala PMK pada hewan ternaknya, segera dilaporkan, sehingga dapat segera ditangani oleh petugas dan penularan PMK terhadap hewan tidak semakin meluas ke peternak sapi lainnya, pungkasnya.(Pendim0814)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kesinergisan Tiga Pilar Desa Plabuhan Dalam Acara Sedekah Bumi Desa Plabuhan Kecamatan Plandaan.
Next post Di Sela-Sela Tugas Pra TMMD ke-114, TNI Terus Jalin Silaturahmi Dengan Warga