Koramil 0815/10 Bangsal Gandeng Distan Masifkan Vaksinasi PMK

Mojokerto, – Tindakan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) secara masif terus dilakukan oleh Pemda melalui Distan setempat dengan menggandeng TNI-Polri dan stakeholder terkait. Hal ini dilakukan dalam upaya menekan angka penularan pada hewan ternak di wilayah Mojokerto Raya.

Pun demikian dengan Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajaran tak henti berpartisipasi aktif melakukan segala upaya demi mengoptimalkan penanganan PMK diwilayah.

Seperti kali ini, Kamis (28/07/2022), Babinsa Koramil 0815/10 Bangsal beserta PPL Desa Kedung Uneng, Polsek Bangsal, Kepala Desa Kedung Uneng beserta perangkat memberikan vaksinasi pada hewan ternak di Desa Kedung Uneng, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto.

Saat dilokasi, Babinsa Kedung Uneng Serda Nahura Sukma mengatakan, tujuan pemberian vaksinasi pada hewan ternak sapi di wilayah binaannya adalah untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku.

“Jumlah hewan ternak sapi yang mendapatkan vaksinasi hari ini sebanyak 53 ekor, sesuai hasil pendataan kami bersama Bhabinkamtibmas dan UPT Distan tadi”, ujar Babinsa.

Masih katanya, para peternak juga mendapatkan edukasi dari para petugas tentang pentingnya menjaga kebersihan kandang dan alat peralatan yang digunakan, sehingga bisa terhindar dari wabah penyakit Mulut dan Kuku.

Sementara, Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Inf Herman Hidayat, mengatakan, penanganan PMK ini menjadi salah satu skala prioritas pemerintah dan pimpinan TNI. Untuk itu, dalam upaya mendukung dan mensukseskan program Pemerintah khususnya dalam penanganan PMK, pihak Koramil sudah menugaskan para Babinsa untuk terjun bersama Bhabinkamtibmas dan PPL desa diwilayah tugas dan tanggungjawabnya.

Pama yang juga menjabat Pgs. Pasiter Kodim 0815/Mojokerto ini, melanjutkan, dalam upaya mengoptimalkan sekaligus percepatan penanganan PMK, sejak tanggal 25 Juli lalu, Pemerintah melalui Dinas yang membidangi, dengan didukung TNI-Polri telah menggulirkan vaksinasi PMK Tahap 2, salah satunya di wilayah Jatim, termasuk wilayah Kabupaten Mojokerto yang meliputi Kecamatan Bangsal.

“Vaksinasi PMK Tahap 2 ini harus kita dukung dan sukseskan, sehingga penanganan PMK lebih optimal. Tentunya kita berharap wabah PMK ini bisa segera berlalu, sehingga para peternak lebih aman dan nyaman”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Baktisosial Donor Darah Ikut Sukseskan Program TMMD ke-114 di Desa Tunggunjagir
Next post Anggota Koramil 0809/23 Kunjang Berikan Latihan LBB Siswa SMP Negeri 1 Kunjang