TMMD Imbangan Ke-114 Mojokerto, Ini Sasaran Kegiatan Non Fisik

MOJOKERTO, – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan Ke-114 Tahun 2022 di Desa Bendunganjati, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, sudah memasuki hari ketiga, sejak dibuka secara resmi oleh Bupati Mojokerto, dr. Hj. Ikfina Fahmawati, M.Si., serta dihadiri Kasrem 082/CPYJ dan Forkopimda Mojokerto Raya.

Mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, program TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari kedepan ini, diklasifikasikan menjadi dua sasaran kegiatan, yakni sasaran kegiatan fisik meliputi pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur dasar, sedangkan sasaran kegiatan non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi.

Dansatgas TMMD Imbangan Ke-114 Tahun 2022 Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H,, melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Herman Hidayat menjelaskan, selain kegiatan fisik, dalam TMMD Imbangan ini, juga dilaksanakan kegiatan non fisik, dalam bentuk penyuluhan atau sosialisasi yang akan digelar di Balai Desa Bendunganjati, Pacet, meliputi wawasan kebangsaan, Pola Asuh 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Pemenuhan Gizi Seimbang Ibu Balita dan Ibu Hamil, Dampak BABS/ODF pada Stunting, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dan Sosialisasi Penanggulangan Bencana.

Selain materi tersebut, lanjutnya, ada juga sosialisasi Peran Kader Dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Mojokerto, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Kampung Siaga Bencana (KSB), Peran Satlinmas Dalam Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Pembinaan Kearsipan Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bumdes, dan Evaluasi Perkembangan Desa Menuju Desa Mandiri.

Selain itu, masih ada kegiatan non fisik berupa pelatihan atau pemberian bantuan, yaitu Senam dan Gebyar Minum Tablet Penambah Darah Bersama, Workshop/Pelatihan Batik Ecoprint, Pelayanan Administrasi Kependudukan Keliling (E-KTP, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KK), Pembuatan Hantaran Pernikahan, Pelayanan Mobil Perpustakaan Keliling, Pemberian Bantuan Disinfektan, dan Pemberian Bantuan Bibit Alpukat, Durian dan Jambu Kristal.

Lebih lanjut dikatakannya, sasaran kegiatan non fisik ini muaranya untuk menumbuhkan kesadaran dan mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh, menumbuhkan kreativitas dan produktivitas dengan memanfaatkan potensi yang ada menuju kehidupan sosial, ekonomi masyarakat yang lebih maju, sejahtera, dan mandiri berbasis kearifan lokal.

Kegiatan sosialisasi/penyuluhan ini, dilakukan oleh Satgas TMMD Imbangan Ke-114 Tahun 2022 yang terdiri dari Kodim 0815/Mojokerto, Polres, OPD-OPD dilingkup Pemkab Mojokerto dan instansi lainnya. ”Peran dan partisipasi aktif semua pihak yang terkait sangat diperlukan demi suksenya TMMD Imbangan ini”, tutupnya. (pendim 0815)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Cegah PMK, Babinsa Koramil 0809/19 Pagu Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak Milik Warga Binaan
Next post Sosialisasi Pengamanan Pilkades Serentak: Ini Pesan Danramil & Forkopimcam Jetis