Satgas TMMD Imbangan Ke-114 Mojokerto Awali Kegiatan Non Fisik Melalui Sosialisasi Wasbang Hingga Kearsipan

MOJOKERTO, – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan Ke-114 Tahun 2022 Mojokerto di Desa Bendunganjati, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, hingga kini masih terus berlangsung. Memasuki hari kesepuluh, Rabu (03/08/2022), Satgas TMMD mulai menggarap sasaran kegiatan non fisik.

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Balai Desa Bendunganjati tersebut diawali sambutan sekaligus kata pembuka Kades Bendunganjati, H. Dadang Saifuddin, diantaranya menyampaikan, TMMD Imbangan Ke-114 Mojokerto di Desa Bendunganjati dilaksanakan selama satu bulan dengan program sasaran fisik dan sasaran non fisik. Sasaran Fisik yaitu rabat beton jalan Dusun Bendorejo – Dusun Mungkut dan rabat beton jalan lingkungan Dusun Pringwulung, sedangkan untuk sasaran non fisik, selama TMMD Imbangan ini, diisi dengan sosialisasi/penyuluhan dan pelatihan.

Pada kesempatan ini, pria kelahiran Pangandaran, Jawa Barat ini, juga mengajak untuk bersama-sama dan bersinergi melaksanakan program sasaran non fisik TMMD Imbangan secara maksimal sehingga dapat bermanfaat bagi kemakmuran warga Desa Bendunganjati.

Berikutnya Kepala Bidang Sosial Budaya, Partisipasi dan Pelestarian Program Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Mojokerto, Hadi Siswoyo, S.H., menyampaikan sasaran non fisik TMMD Imbangan Ke-114 Kodim 0815/Mojokerto dalam bentuk sosialisasi/penyuluhan dan pelatihan dilaksanakan oleh instansi/lembaga/OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang ikut mendukung program TMMD ini.

Masih lanjutnya, TMMD ini, merupakan kerjasama kolaborasi TNI dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga dengan masyarakat Desa Bendunganjati. Menurutnya, sasaran non fisik TMMD juga merupakan bentuk kemanunggalan dan kerjasama TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam membangun desa, khususnya yang mendukung pembangunan Desa Bendunganjati.

Sementara, Kasi Peningkatan Partisipasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Mojokerto, Prihastuti Wulandari, S.T., menegaskan, sasaran non fisik TMMD berupa sosialisasi dan penyuluhan merupakan wadah untuk membangun masyarakat Desa Bendunganjati. ”Dengan bekal ilmu dan pengetahuan serta keterampilan maka akan bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Bendunganjati”, tegasnya seraya menyampaikan pernyataan pembukaan sasaran non fisik TMMD Imbangan Ke-114 Kodim 0815/Mojokerto.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi wawasan kebangsaan oleh Danramil 0815/16 Kapten Caj M. Lutfi Anam, dengan materi bertajuk Sistem Penguatan Karakter Dalam Bentuk Bela Negara. Kemudian Sosialisasi BUMDes oleh Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia DPMD Kabupaten Mojokerto, Adhy Nafhuzy, S.P., M.M., Sosialisasi Peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, oleh Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundangan Daerah Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Ahmad Zainul Hasan, S.STP., Sosialisasi Pembinaan Kearsipan Pemerintahan Desa Bendunganjati, oleh Kasi Pembinaan Kearsipan Dinas Perpustakan dan Kearsipan (Disperka) Kabupaten Mojokerto, Khusnul Urifah, S.Pd., M.M. Sesi tanya jawab menjadi penutup kegiatan non fisik hari pertama di Pendopo Balai Desa Bendunganjati.

Hadir dalam kegiatan antara lain, Plt. Camat Pacet diwakili Kasi Kesra Aris Munandar, Personel Staf Teritorial Kodim 0815/Mojokerto, Babinsa Bendunganjati Serka Imam Purnomo, Bhabinkamtibmas Ipda Susilo, S.H., serta peserta sosialisasi terdiri dari Linmas, Satgas Covid, Kepala Dusun, Toga, dan Tomas Desa Bendunganjati. (penrem 0815)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bhakti Tni Untuk Masyarakat, Kasdim 0814 Jombang Tabur Benih Ikan Di Desa Pojokrejo
Next post Peran Aktif Koramil Puri Dampingi Nakes PKM Gelar BIAN