Sinergitas, Babinsa Koramil 0809/01 Kota Bersama Tiga Pilar dan Yonif Mekanis 521/DY Ajak Warga Masyarakat Cinta Tanah Air

KEDIRI,- Babinsa Koramil 0809/01 Kota Kodim Kediri Bersama Tiga Pilar dan Yonif Mekanis 521/DY Melaksankan kegiatan Komsos Wawasan Kebangsaaan di Balai Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kota, Kota Kediri. Senin (8/8/2022).

Kegiatan itu dihadiri sekitar puluhan orang warga kelurahan Ngadirejo, dengan narasumber Pasi Intel Yonif Mekanis 521/DY Letda Adi dan Danton Letda Salis. Turut hadir pula Babinsa Koramil 0809/01 Kota Kediri bersama dengan Tiga Pilar Kelurahan Ngadirejo.

Pasi Intel Yonif Mekanis 521/DY Letda Adi dalam kesempatannya sebagai pemateri mengajak warga masyarakat untuk waspada terhadap paham – paham radikalisme yang terjadi saat ini. Dirinya juga mengajak para warga agar mencintai tanah air, mengamalkan butir – butir pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Jaga kondisi kesehatan dan kebersihan serta berperilaku hidup sehat dan patuhi protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 level 1 PPKM, “ajak Letda Adi.

Sementara itu, Babinsa Kelurahan Ngadirejo Koramil 0809/01 Kota Kodim Kediri dalam Kesempatannya juga mengajak warga untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ada empat pilar kebangsaan yang mutlak yang harus diketahui dan dipahami oleh warga negara, yaitu terdiri dari Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Bela Negara bagi masyarakat tidak harus dengan mengangkat senjata, akan tetapi dengan berupaya menjaga keutuhan NKRI dan mengisi kemerdekaan ini dengan segala perbuatan yang positif,” ujar Babinsa.

Sementara di tempat terpisah, Danramil 0809/01 Kota Kapten Inf Sunarjo juga membenarkan terkait kegiatan Komsos Babinsanya bersama Yonif Mekanis 521/DY dalam melaksanakan kegiatan Wasbang di wilayah binaannya.

Kata dia, bahwa Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara, Pancasila sebagai ideologi negara serta Pancasila sebagai tujuan hidup kita, UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan, sehingga tugas kita sekarang adalah untuk mempertahankan kemerdekaan itu dari segala macam hal ancaman baik dalam maupun luar negeri.

“Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama diseluruh wilayah negara kita, NKRI harga mati untuk setiap rakyat indonesia untuk menjaga agar tidak terpecah belah oleh kepentingan dan ancaman dari dalam maupun dari luar,” paparnya.

Diharapkan setelah menerima Wasbang ini, warga masyarakat Kelurahan Ngadirejo mengerti dan memahami akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga tidak mudah terprofokasi oleh pihak – pihak tak bertanggung jawab yang ingin memecah belah kesatuan dan persatuan NKRI,”pungkasnya (pendim0809)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Wujudkan Balita Sehat, Babinsa Koramil 0814/14 Ngoro Dampingi Kegiatan Bulan Imunisasi Nasional
Next post Personil Koramil 0814-04/Gudo dengan semangat Melatih Paskibra Tingkat Kecamatan