Kodim 0815/Mojokerto Gelar Coffe Morning Bersama IPSI Mojokerto, Ini Kata Dandim

Mojokerto, – Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., menggelar kegiatan Coffe Morning Bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia dan Perwakilan Pengurus Perguruan Silat se-Mojokerto Raya, di Ruang Data Makodim 0815/Mojokerto, Jalan Majapahit Nomor 01, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (11/08/2022).

Coffe Morning ini sebagai bentuk silahturahmi dan komunikasi kali ini bertujuan untuk meningkatkan tali persaudaraan, kerukunan dan keharmonisan antar Perguruan Silat yang tergabung dalam IPSI diwilayah Teritorial Kodim 0815/Mojokerto.

Dalam pengantarnya, Komandan Kodim 0815/Mojokerto, Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., menyinggung sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia, yang diawali dari lahirnya Boedi Oetomo 1908, Sumpah Pemuda 1928 dan Proklamasi Kemerdekan Indonesia 1945. Semua ini berkat perjuangan para leluhur dan para pejuang, yang terdiri dari Laskar-laskar Republik, Tentara Pelajar dan Masyarakat (Hisbullah, Fisabilillah, Para Pendekar Silat) yang kemudian membentuk badan perjuangan. ”Sejarah juga mencatat, lahirnya Kodim 0815/Mojokerto dimasa perang revolusi”, ungkapnya.

Dandim menegaskan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dan sebagai warga negara yang baik kita harus saling menghargai dan menghormati. Pencak Silat itu warisan budaya yang diwariskan para leluhur (pahlawan) kita, untuk dirawat dan dilestarikan keberadaannya. ”Mengapa Pencak Silat berada dalam pembinaan Kodim, salah satunya untuk melestarikan warisan budaya”, tegasnya.

Negara ini dibangun ditengah perbedaan, lanjutnya, kita berdiri di atas keberagaman namun perbedaan itu telah menjadikan kita kuat. Hal ini sudah ada sejak zaman Majapahit dengan semboyan ”Bhinneka Tunggal Ika”. Pun demikian, Perguruan Silat juga sangat beragam, namun perbedaan ini harus menjadi satu kekuatan, untuk itu perguruan silat diwadahi dalam naungan IPSI, meskipun masih ada yang diluar IPSI.

Lebih lanjut ditandaskannya, digelarnya kegiatan ini, untuk membina dan mempererat jalin silaturahmi dan komunikasi yang selama ini sudah terbangun dengan baik antar Kodim 0815 dengan seluruh elemen masyarakat termasuk didalamnya IPSI. Dengan silaturahmi dan komunikasi yang baik ini, kita menjadi lebih saling kenal, guyub dan rukun sehingga bisa menciptakan kondusifitas dan menjaga ketentraman Mojokerto Raya. ”Tentunya semua ini tak lepas dari dukungan kita bersama, untuk itu kita harus bersatu, dengan mengesampingkan ego masing-masing, demi tercapainya kepentingan yang lebih besar, yakni situasi wilayah yang kondusif”, tandasnya.

Masih tandasnya, perguruan silat di Mojokerto Raya harus bersatu, karena dengan bersama sama kita dapat menghasilkan karya dan prestasi yang baik. Dengan kekuatan bersama kita dapat melahirkan potensi positif dan menciptakan suasana kondusif. Harapan kita dengan aura positif kita bisa melahirkan atlit silat berprestasi.

Sementara itu, Ketua IPSI Kabupaten Mojokerto Ir. Drs. H. Samsul Muarifin, mengatakan, IPSI Kabupaten Mojokerto menaungi 18 perguruan silat, ketika ada even semua rukun, damai-damai saja, para pendekar tidak ada perbedaan pendapat dan lebih mengutamakan kekeluargaan serta lebih mengalah daripada menonjolkan kekuatan, dengan maksud untuk tetap menjaga keharmonisan sesama Keluarga Besar IPSI.

Masih lanjutnya, sudah sewajarnya Kodim 0815/Mojokerto sebagai Pembina IPSI melaksanakan kegiatan silaturahmi seperti ini sehingga kita sebagai Keluarga Besar IPSI semakin solid, rukun dan Kompak. ”Kodim 0815/Mojokerto sebagai pembina IPSI, harapan kami Mojokerto semakin guyub dan rukun, tidak mudah terprovokasi oleh pihak lain”, harapnya.

Pada kata penutupnya, Ketua IPSI Kabupaten juga menyinggung tentang pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat Dandim Cup tahun 2022 yang belum sempat dilaksanakan. ”Selama ini Kejuaraan Pencak Silat Dandim Cup sudah berlangsung delapan kali, dilaksanakan delapan tahun secara berturut-turut, tahun ini masuk yang ke-9 tinggal menunggu pelaksanaannya”, ujarnya.

Secara senada, Ketua IPSI Kota Mojokerto, H. Achmad Suud, juga sangat mengapresiasi kegiatan silaturahmi seperti ini. Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat bagi Keluarga Besar IPSI dibawah pembinaan Kodim 0815/Mojokerto. Menurutnya, pada kesempatan silaturahmi ini, kita bisa komunikasikan antara Kabupaten dan Kota untuk melaksanakan event kejuaraan bersama yang tujuannya adalah untuk mendapatkan duta-duta berprestasi.

Sesi tanya jawab, dan foto bersama menjadi penutup gelaran coffee morning Dandim 0815/Mojokerto bersama IPSI dan Perguruan Silat Se-Mojokerto Raya. Turut serta mendampingi Dandim 0815/Mojokerto pada kegiatan ini, Pasi Intel Kodim 0815/Mojokerto Kapten Cba Kurniawan Junaedi, dan Pasi Ops Kodim 0815/Mojokerto Lettu Inf Akhmad Rifa’i, serta dihadiri para Bati Staf Kodim 0815/Mojokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Danramil 0809/23 Kunjang Sosialisasikan Penerimaan Prajurit Baru Lintas Agama
Next post Peduli kesehatan balita, Babinsa koramil 16 Bareng Dampingi petugas posyandu Desa Binaan