Cegah Kasus Baru Stunting Koramil Puri Kerahkan Babinsa Dukung Program BIAN

Mojokerto, – Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajaran hingga kini terus mendukung dan mensukseskan program pemerintah dibidang kesehatan, salah satunya program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Bentuk dukungan ini diwujudkan dengan monitoring dan pendampingan kegiatan BIAN diwilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Kali ini, Senin (15/08/2022), Koramil 0815/04 Puri melalui Babinsa Tambakagung Sertu Zainal Imron bersama Nakes PKM dan Kader Posyandu melaksanakan BIAN di Balai Dusun Trenggumung, Desa Tambakagung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Saat dihubungi, Sertu Zainal Imron, mengatakan, kehadirannya pada kegiatan BIAN, merupakan bagian dari tugas pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah. ”Tentunya kita harus mendukung dan mensukseskan program pemerintah, salah satunya dibidang kesehatan”, katanya.

Masih katanya, melalui layanan imunisasi pada program BIAN ini, bertujuan agar anak-anak Balita terbebas dari serangan penyakit menular. Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan ini juga dipantau tingkat tumbuh kembang anak sehingga bila ada yang mengalami gejala gagal tumbuh atau stunting dapat terdeteksi secara dini. ”Semoga dengan program BIAN ini, mampu menurunkan angka stunting pada Balita sekaligus mencegah terjadinya kasus stunting baru”, harapnya.

Pantauan dilapangan, kegiatan vaksinasi diawali dengan registrasi, dilanjutkan pengecekan suhu badan, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan lingkar lengan, pemberian vitamin, kemudian dilakukan penyuntukan vaksin atau imunisasi.

Masih pantauan dilapangan, Nakes PKM Puri bersama Bidan Khomaidah, A.Md., Keb., dan Perawat Desa Desy Yustifa, A.Md., Kep., dibantu Kelompok dan Kader Posyandu desa setempat, melakukan layanan kesehatan bagi anak-anak Balita. Tercatat sejumlah 35 anak berhasil diimunisasi dalam layanan BIAN yang digelar PKM Puri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Koramil Dawarblandong Berpartisipasi Aktif Wujudkan Masyarakat Sehat
Next post TMMD Imbangan Ke-114 Mojokerto, Sasaran Non fisik Berikan Layanan Administrasi Kependudukan