Dandim 0811 Tuban Bersama Forkopimda Hadiri Upacara Detik – Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI Ke-77

TUBAN, – Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Suhada Erwin bersama Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke -77. Upacara yang dilaksanakan secara virtual dari Pendopo Kridha Manunggal Kabuapten Tuban, Rabu (17/8/2022).

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dari Istana Merdeka. Dalam upacara ini, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia bertindak sebagai Komandan Upacara. Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara yakni Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya.

HUT ke-77 Kemerdekaan RI mengambil tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Untuk diketahui, Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka tahun ini merupakan yang pertama kali mengundang masyarakat secara langsung sejak pandemi COVID-19. Upacara HUT RI di Istana Merdeka di siarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022). Nampak hadir di Istana Merdeka diantaranya Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan para pejabat TNI Polri.

Usai mengikuti Upacara, Komandan Kodim 0811 Tuban Letkol Inf Suhada Erwin menyampaikan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah mengkaruniai bangsa Indonesia dengan kemerdekaan setelah melalui sebuah perjuangan yang sangat panjang dan tidak kenal lelah dengan mengorbankan jiwa dan raga.

“Untuk itu, kemerdekaan juga merupakan bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan, dengan diiringi do’a, kiranya Tuhan Yang Maha Esa, menempatkan para kusuma bangsa tersebut sebagai syuhada dengan penuh kemuliaan di sisi-Nya.”ungkap Dandim

Meski dihadapkan keadaan yang sangat sulit pada saat itu, para pahlawan dengan gigih dan harapan terus dikobarkan, dengan semangat gotong royong dan rasa persatuan serta berjuang sekuat tenaga melawan penjajah, untuk merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa. Ia mengajak agar semangat pengorbanan, ketangguhan, dan persatuan para pahlawan harus terus diwarisi dan dipupuk bersama, sebagai kekuatan dalam mengatasi berbagai tantangan kedepan.”imbuhnya.

Turut hadir di Pendopo Kridho Manunggal mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI diantaranya Letkol Inf Suhada Erwin (Dandim 0811/Tuban) Aditya Halindra Faridzky, SE (Bupati Kab. Tuban), AKBP Rahman Wijaya S.I.K, S.H, M.H (Kapolres Tuban), H.M Miyadi S.Ag, M.M (Ketua DPRD Tuban), Dr. Ir. Budi Wiyana (Sekda Kab. Tuban), Kepala Badan/Dinas /Bagian/Kantor/Instansi Vertikal, Kasat/Jawatan,Sipil dan Perwira TNI, Polri , Para Hakim dan Jaksa, Ketua /Anggota Penpabri LVRI dan Minvet Cab. Tuban, serta Paskibraka Kab. Tuban.(Pemdim0811)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Dandim 0815/Mojokerto Irup Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Peringatan HUT RI Ke-77 Tahun 2022 Di Kantor Pemkot Mojokerto
Next post Dandim 0811 Tuban Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih HUT Kemerdekaan RI Ke-77