Babinsa Desa Sambirejo – Pare Dampingi Vaksinasi PMK, Sampaikan Pesan Danramil Untuk Peternak

KEDIRI || –  Dalam rangka mempercepat proses penanganan penyebaran virus kuku dan mulut (PMK), Tiga Pilar Desa melakukan vaksinasi hewan ternak yang di dampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Sambirejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Kamis, (18/08/2022).

Vaksin yang diberikan oleh dokter hewan (Medik Veteriner) ini meliputi vaksin 1 dan 2 yang diberikan oleh Drh Mohan selaku penanggung jawab vaksinasi tersebut.

Sertu Rubiyanto, Babinsa Desa Sambirejo menjelaskan dilaksanakannya vaksinasi pada hewan ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh hewan ternak dikala pandemi PMK.

“Vaksin PMK diberikan kepada sapi yang masih sehat dan belum terkena virus PMK. Hal ini dikarenakan sekaligus juga mengantisipasi jika sapi terkena virus PMK maka sudah terbentuk antibodi didalam tubuhnya, sehingga untuk sapi-sapi yang belum terjangkit maka diperlukan tindakan seperti vaksin, karena pengobatan bukan alternatif terbaik, melainkan pencegahannya dengan melakukan vaksinasi,” kata Babinsa.

Dalam pendampingan ini, Danramil 0809/11 Pare juga memberikan pesan kepada Babinsa untuk sekaligus juga memberikan edukasi tata cara penanganan penyebaran virus PMK.

“Sangat penting sekali memberikan edukasi kepada para peternak, sehingga ketika terjadinya penyebaran virus PMK para peternak. tidak panik dan paham apa yang harus dilakukan” Jelas Komandan Koramil 0809/11 Pare, Kapten Chb Tommy Wibisono ditempat.

Lanjut Danramil, “PMK juga sama dengan virus yang lain dan bisa disembuhkan, butuh ketenangan dan pemahaman sehingga tau apa yang harus dilakukan,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Sinergi, Babinsa dan Babinkamtibmas bersama Warga Buat Jalan Tembus Usaha Tani di Desa Ngablak Kec. Grogol
Next post TMMD KE-114 Mojokerto, Satgas Bareng Warga Tuntaskan Pemasangan Atap Genteng Mushola