TMMD Imbangan Ke-114 Mojokerto, Warga Dibekali Keterampilan Membatik Hingga Damkar

Mojokerto – TMMD Imbangan Ke–114 Tahun 2022 di wilayah Kodim 0815/Mojokerto, yang berlokasi di Desa Bendunganjati, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, semakin menunjukkan banyak kemajuan dalam pembangunan, baik target sasaran fisik maupun non fisik.

Sejumlah sasaran tersebut terus dikebut pengerjaannya, dengan tujuan tercapai secara maksimal sesuai target waktu yang telah ditentukan. Salah satu sasaran non fisik yang dilaksanakan hari ini, Kamis (18/08/2022) yaitu workshop atau pelatihan Batik Ecoprint.

Kegiatan yang berlangsung di Panti PKK Desa Bendunganjati ini, dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperka) Kabupaten Mojokerto, Drs. Muhammad Jamil, M.M., dan diikuti 30 orang Ibu-Ibu PKK Desa Bendunganjati.

Perwira Pengawas TMMD Imbangan Ke-114 yang bertugas pada hari ini, Kapten Inf Slamet Utomo mengatakan, Satgas TMMD Ke-114 yang terdiri dari Kodim 0815/Mojokerto, OPD dilingkup Pemkab Mojokerto, Pemerintah Desa Bendunganjati semakin memaksimalkan kegiatan dengan harapan semua sasaran baik fisik maupun non fisik bisa tuntas sesuai target waktu.

Dikatakan Pawas, untuk sasaran non fisik hari ini, salah satunya ada pelatihan keterampilan batik ecoprint yang dikhususkan untuk Ibu Ibu PKK Desa Bendunganjati. Diadakannya pelatihan keterampilan batik ecoprint ini, lanjutnya, untuk meningkatkan kemampuan ibu-ibu sehingga lebih berdaya dan memiliki nilai ekonomis.

Masih lanjutnya, salah satu manfaat batik ecoprint ini, bisa untuk pembungkus hantaran nikah. Untuk menunjang manfaat dari keterampilan batik ecoprint ini, dalam TMMD Imbangan ini juga dilakukan pelatihan membuat hantaran pernikahan, jadi ada keterkaitan. ”Semoga pelatihan ini memiliki manfaat jangka panjang dan harapannya Ibu-Ibu PKK selaku peserta pelatihan, bisa menularkan ilmunya ke ibu-ibu lainnya, khususnya warga Desa Bendunganjati”, harapnya.

Tidak hanya itu, pelaksanaan sasaran non fisik lainnya juga dilaksanakan diwaktu yang sama, diantaranya Penyuluhan tentang Sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, dengan penanggungjawab Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Tri Raharjo Murdianto, S.STP., M.AP., dengan peserta 30 orang para Kades se-Kecamatan Pacet.

Masih pantauan dilapangan, hari ini juga dilaksanakan Penyuluhan tentang Sosialisasi Kampung Siaga Bencana (KSB) oleh Pejabat Fungsional Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Parmanto, S.T., serta Pelatihan Pemadam Kebakaran (Damkar) oleh Komandan Pos I Damkar BPBD Kabupaten Mojokerto, Sukamto. Penyuluhan dan pelatihan yang berlangsung di Balai Desa Bendunganjati ini, diikuti 30 peserta terdiri dari Kades dan Tagana se-Kecamatan Pacet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa Sawo Koramil 0815/13 Kutorejo Lakukan Pendampingan Vaksin PMK
Next post Peringati HUT RI Ke-77, Kodim 0809/Kediri Gelar Doa Bersama Indonesia Bangkit Lebih Cepat, Pulih Lebih Kuat