Koramil Jajaran Kodim Mojokerto Pengamanan Perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Mojokerto, – Sudah menjadi agenda rutin masyarakat Indonesia setiap setahun sekali merayakan momen bersejarah yakni Proklamasi 17 Agustus yang diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia. Hal (Peringatan) ini tentunya tak hanya dilakukan secara seremonial belaka namun dibarengi dengan berbagai kegiatan yang intinya memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tahun ini, HUT Kemerdekaan RI sudah memasuki ke-77, artinya bangsa Indonesia sudah menikmati kemerdekaan selama 77 tahun. Tentunya sebagai generasi penerus bangsa kita (semua warga negara) ini harus mampu menjaga, merawat dan mengisi Kemerdekaan ini, hasil jerih payah perjuangaan para pendahulu kita.

Momen Agustusan tahun ini bisa dibilang lehih meriah dibanding 2 tahun sebelumnya, karena saat itu bangsa Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Berbagai kegiatan pun cukup banyak digelar seperti perlombaan, karnaval, jalan sehat, senam bersama dan lain-lain.

Pantauan lapangan beberapa hari ini banyak diselenggarakan perlombaan yang cukup menyedot peserta dari berbagai kalangan dan melibatkan massa yang tidak sedikit.

Sebagai Satuan Kewilayahan, Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajaran, selain monitoring wilayah juga tentunya memberikan pengamanan bersama aparat terkait guna membantu kelancaran dan suksesnya kegiatan sehingga kondusifitas wilayah tetap terjaga.

Seperti hari ini, Ahad (21/08/2022), kegiatan perayaan dalam berbagai bentuk ini digelar ditingkat kecamatan, desa, dusun bahkan tingkat RT/RW, di wilayah Mojokerto Raya, diantaranya di wilayah Koramil Pungging dilaksanakan jalan santai yang menyedot peserta tak kurang dari 200 orang, wilayah Koramil Kutorejo jalan santai diikuti kurang lebih 250 orang, wilayah Koramil Pacet senam bersama dan jalan sehat yang dihadiri 500 orang lebih, wilayah Koramil Puri senam bersama dan jalan sehat dengan pesrta 150 orang, wilayah Koramil Sooko Karnaval dan jalan sehat dihadiri 350 orang.

Berikutnya di wilayah Koramil Dlanggu senam bersama yang dihadiri ratusan masyarakat, wilayah Koramil Bangsal Karnaval dengan peserta 350 orang, dan wilayah Koramil Jatirejo, Karnaval Tematik diikuti 1.500 peserta mulai siswa SD/MI, SMP, SMA hingga Pemdes dan Perwakilan Perguruan Silat.

Semua kegiatan ini tak luput dari pantauan dan pengamanan Koramil bersama Polsek, Satpol PP dibantu Linmas.

Perwira Seksi Operasi Kodim 0815/Mojokerto Lettu Inf Akhmad Rifa’i, saat dikonfirmasi, mengatakan, pihaknya sudah koordinasi dengan satuan samping, baik Polres, Polresta dan Satpol PP Kab dan Kota Mojokerto untuk bersama-sama memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, termasuk dalam kegiatan tasyakuran, perayaan dan gelaran perlombaan, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Pun demikian dengan Koramil jajaran, juga sudah diinstruksikan untuk koordinasi dengan Forkopimcam setempat (Kecamatan dan Polsek). “Prioritas pengamanan dilakukan agar kegiatan berlangsung lancar dan aman serta masyarakat juga nyaman, terlebih momen perayaan HUT Kemerdekaan sudah menjadi agenda rutin tahunan”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa 0814/15 Mojowarno Bantu Warga Jemur Hasil Panen
Next post Danramil 0811/18 Parengan Tuban Berangkatkan Lomba Gerak Jalan Tingkat SD/MI dan SMP/MTs