Bersama Masyarakat Genaharjo, Babinsa Semanding Tuban Pelopori Pembuatan Tungku Pembakar Sampah

TUBAN, – Setelah sukses membuat tungku pembakar sampah di wilayah Kecamatan Tambakboyo dan singgahan, kali ini bersama masyarakat personil Koramil 03 Semanding Kodim 0811 Tuban bahu membahu mempelopori melaksanakan pengerjaan pembuatan tungku pembakar sampah dan tempat pembuangan akhir sampah di Desa Genaharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, Rabu (24/08/2022)

Dengan adanya kolaborasi antara Koramil 03 Semanding dengan pemerintah Desa Genaharjo di harapkan mampu menyelesaikan masalah perihal sampah. Sampah yang selama ini sering kali dikeluhkan warga masyarakat, baik berupa sampah organik maupun non organik.

Dalam pembuatannya, para prajurit atau Babinsa berbaur bersama warga saling bahu-membahu turut menggalakkan komunikasi sosial atau komsos pada masa pandemi covid-19 ini.
Selain memecahkan batu dengan hammer, TNI dengan warga juga merabat meratakan tanah untuk pembuatan tungku pembakar sampah tersebut.

Danramil 03 Semanding Kodim 0811 Tuban, Kapten Arh Ali Mubdi saat memimpin para Babinsanya yang ada di lokasi mengatakan bahwa Karya Bakti TNI untuk negeri lewat komsos yang di wujudkan dengan pengerjaan pembuatan tungku pembakar sampah pada hari ini pengerjaanya sudah mencapai 50%.

Menurutnya, diharapakan setelah jadi nanti selain mampu menyelesaikan masalah perihal sampah, keberadaan tungku pembakar sampah mampu membuka potensi ekonomi yang dapat dikembangkan masyarakat serta meningkatkan ekonomi keluarga.

Misalnya bercocok tanam menggunakan abu hasil pembakaran sampah. “Bisa juga menjual abu hasil pembakaran sebagai pupuk kompos,”ucapnya.

Danramil juga mengharapkan Karya Bakti bersama ini menjadikan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat sehingga tercipta ketahanan wilayah yang kuat.”tutupnya.(Pendim0811)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa Koramil 0814/12 Kesamben Dampingi Poktan Penyaluran Bantuan Benih Kedelai
Next post Vaksinasi Dosis Kedua PMK Hewan Ternak Mendapat Pendampingan Dari Babinsa Koramil 07 Soko Tuban