Koramil Jatirejo Gelar Komsos, Support Kewirausahaan Hingga Edukasi Sosial Media

Mojokerto, – Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan sebuah metode yang diterapkan TNI dalam perkuatan dan mempererat jalinan komunikasi dengan segenap komponen masyarakat diwilayah untuk pencegahan dan antisipasi setiap perkembangan situasi yang terjadi dimasyarakat.

Berkaitan dengan itu, Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815/Mojokerto menggelar kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan mengundang komponen masyarakat, di Aula Makoramil 0815/15 Jatirejo, Jalan Raya Sumengko Nomor 426, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (26/08/2022).

Saat membuka kegiatan bertajuk Komsos Dengan Komponen Masyarakat TA. 2022 yang bertema “Generasi Muda Sebagai Wirausaha Millenial Inovatif Berwawasan Kebangsaan”, Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Cba Kurniawan Junaedi mengatakan, bahwa di era digital dibutuhkan manusia yang cerdas, inovatif dalam menciptakan hal-hal baru terutama lapangan kerja atau kewirausahaan secara mandiri dengan memanfaatkan media sosial.

Kondisi ini, lanjutnya, harus ditangkap oleh generasi muda yang tumbuh di era milineal ini sebagai peluang untuk menggairahkan perekonomian keluarga, kelompok, lingkungan, bahkan bisa lebih luas lagi ke tingkat lokal dan nasional. “Peluang ini sebagai dampak positif dari kemajuan teknologi informasi termasuk media sosial”, katanya.

Masih lanjutnya, namun demikian perkembangan tekhnologi informasi pada era digital saat ini yang sangat luar biasa, bebas, dan seakan tanpa batas, harus difilter, terutama media sosial yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut ditegaskannya, kemajuan teknologi informasi ini tentunya, akan semakin baik jika dibarengi dengan penguatan pemahaman wawasan kebangsaan, guna memperteguh semangat cinta tanah air atau nasionalisme. Sebaliknya, jika wawasan kebangsaan itu luntur tentu saja akan mengikis nilai-nilai luhur dan semangat cinta tanah air. ”Semestinya nilai-nilai ini harus terus dipupuk dan ditumbuhkembangkan secara estapet dan lintas generasi demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa”, bebernya.

Pada kesempatan ini Danramil juga berpesan untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial, “Dengan didasari wawasan kebangsaan yang baik tentunya dalam setiap tindakan maupun perilaku tidak melanggar hukum maupun norma dalam bermasyarakat”, tutupnya.

Terpantau dalam kegiatan yang dihadiri puluhan warga dari perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda ini, juga diisi sesi tanya jawab seputar perkembangan situasi terkini di wilayah teritorial Koramil 0815/15 Jatirejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bersinergi, Babinsa Koramil 0809/01 Kota dan Bhabinkamtibmas Dampingi Bakti Sosial Yayasan Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong
Next post Sebagai Apkowil Babinsa Koramil 0814/05 Perak Dampingi Penyaluran BLT DD Di Desa Banjarsari