Antisipasi PMK Babinsa Plumpang Tuban dan Petugas Kesehatan Berikan Vitamin Hingga Pengobatan Gratis

TUBAN, – Sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran penyakit PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) pada hewan ternak, Serka Cahya Babinsa Koramil 06 Plumpang Kodim 0811 Tuban bersama drh. Elisabet Septi dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban melaksanakan pelayanan kesehatan hewan (Yankeswan) berupa pemberian vitamin dan pengobatan gratis di Dsn. Pakis Desa Penidon Kecamatan Plumpang. Rabu (31/8/2022).

Babinsa Desa Penidon Serka Cahya mengatakan Koramil 06 Plumpang akan mendukung pemerintah daerah untuk memerangi virus PMK, hari ini bersama petugas kesehatan hewan melakukan pemberian vitamin dan obat secara gratis kepada hewan ternak pasca terdampak virus PMK maupun yang tidak.

Petugas di bagi 2 tim dengan pendampingan Babinsa yang nantinya akan berjalan dari kandang ke kandang peternak untuk memberikan vitamin serta pengobatan gratis.

“Petugas kesehatan melakukan pemberian vitamin B Kompleks maupun vitamin ADE serta pengobatan grtais kepada hewan ternak,” ujarnya.

Perlu di ketahui Gejala PMK pada sapi biasanya akan terlihat lebih jelas dibandingkan hewan lain. Hewan ternak yang telah terinfeksi PMK suhu badan meningkat antara 40⁰C, mulutnya mengeluarkan busa, kaki pincang dan nafsu makan menurun.

“Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran PKM ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kesehatan yaitu dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang, menyemprotkan disinfektan sekitar kandang,” jelas Babinsa

Babinsa juga menghimbau agar warga masyarakat tidak perlu panik karena penyakit PMK tidak menular pada manusia, kalau ada hewan yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, agar segera mendapatkan pengobatan dengan baik.(Pendim0811)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pesan Danramil 0811/07 Soko Kepada Calon Kades
Next post Kerabat Hingga Tetangga Pasien Terkonfirmasi Covid–19 Desa Wiyu & Mojogeneng Ditracing