Kerabat Hingga Tetangga Pasien Terkonfirmasi Covid–19 Desa Wiyu & Mojogeneng Ditracing

Mojokerto, – Kodim 0815/Mojokerto sampai saat ini tetap konsisten melakukan upaya percepatan penanganan Covid-19, terlebih dalam melakukan pencegahan melalui tracing, testing dan treatment (3T).

Kali ini, Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto melalui Babinsa bersinergi dengan Polsek dan UPT PKM Pacet melakukan penelusuran kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Dusun Wiyu Desa Wiyu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (31/08/2022).

Pantauan di lapangan, Babinsa Wiyu Sertu Agung Setiya Budi bersama Bhabinkamtibmas Aipda Gunawan, Bidan Desa Wiyu Rifiatul Aini, A.Md, Keb., Tim Nakes PKM Pacet dan Kader Kesehatan desa setempat melakukan penelusuran dan mendata warga yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, yang saat ini dalam perawatan di salah satu rumah sakit di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Sertu Agung Setiya Budi Babinsa Wiyu saat mendampingi penelusuran kontak erat mengatakan tracing dan testing ini dilakukan terhadap keluarga dekat dan tetangga kontak erat pasien terkorfirmasi Covid -19. “Tracing dan testing, diawali dari keluarga pasien dan berlanjut ke tetangga”, jelasnya.

Masih lanjut Sertu Agung Setiya Budi, tracing kali ini menyasar empat keluarga dekat dan tetangga dekat pasien yang ditindaklanjuti dengan testing melalui swab antigen, hasil seluruhnya non reaktif. “Semua kontak erat sudah diswab dan alhamdulillah hasilnya kita ketahui negatif”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, para petugas juga menghimbau dan mengajak warga untuk tetap semangat, dan waspada, serta senantiasa menerapkan protokol kesehatan, meskipun covid-19 sudah menunjukan trend penurunan.

Perlu diketahui, tracing dan testing ini merupakan upaya pencegahan untuk meminimalisir penularan virus Covid-19 terhadap keluarga dan warga sekitar yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif. Melalui tracing dan testing ini dapat terdeteksi secara dini ada tidaknya penyebaran virus diantara warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif sehingga dapat dilakukan penanganan lebih dini.

Kegiatan serupa juga berlangsung di wilayah Koramil 0815/15 Jatirejo yakni di Desa Mojogeneng Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto yang menyasar 10 orang kontak erat baik keluarga dekat dan tetangga pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Antisipasi PMK Babinsa Plumpang Tuban dan Petugas Kesehatan Berikan Vitamin Hingga Pengobatan Gratis
Next post Dandim 0815/Mojokerto Ajak FKDM Wujudkan Kondusifitas Wilayah