Babinsa Latsari Koramil Mojowarno Bersama Tiga Pilar Basmi Jentik Nyamuk Demam Berdarah

JOMBANG, MOJOWARNO – sekitar pukul 08.00 s.d 09.30 wib Babinsa desa Latsari Serda Hendra bersama Bidan Desa dan Para Kader Tim pemantauan jentik (Jumantik) melaksanakan pengecekan jentik nyamuk wilayah desa Latsari, Kecamatan Mojowarno.Kegiatan ini efektif dilaksanakan selama musim Panca robah seperti sekarang ini, untuk mencegah terjangkitnya demam berdarah, warga desa Latsari, Para petugas pemantau jentik atau jumantik ini selain berkeliling kampung memantau jentik nyamuk, mereka memberi penyuluhan cara pencegahan penyakit demam berdarah.Jumat,02/9/2022.

Dengan berbekal lampu senter, ibu-ibu mencari jentik nyamuk di genangan air dari rumah ke rumah warga. Selain mencari jentik nyamuk, pasukan jumantik memberi penyuluhan tentang bahaya DBD dan cara penanggulanganya. Ibu-ibu ini juga tampak sangat teliti dan tidak segan-segan membersihkan barang-barang bekas yang ditemukan bakal menjadi tempat genangan air hujan. Meskipun belum semua warga benar-benar bebas dari demam berdarah, kegiatan ini mendapat sambutan positif warga. Pasalnya kegiatan ini dinilai sangat baik dan efektif untuk menekan terjangkitnya demam berdarah.

Kegiatan pengecekan jentik dilaksanakan di bak mandi dan bak Wc serta bak penampungan air di wilayah Desa Latsari. Setelah diadakan pengecekan rata – rata di bak mandi dan penampungan telah di temukan banyak jentik nyamuk. Langkah-langkah pertama yang diambil adalah memberikan pengertian kepada tuan rumah supaya tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan kamar mandi, disarankan agar diupayakan diadakan pengurasan terhadap bak mandi setiap 2 hari sekali.

Menurut Serda Hendra Babinsa Koramil 15/Mojowarno bahwa kegiatan ini harus tetap berjalan sebagaimana mestinya guna mencegah,mengurangi resiko dan merebahnya wabah Demam Berdarah.Agar masyarakat sadar pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan rumah dan sekitarnya.Ungkapnya.(Pendim0814)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa Gebangbunder Koramil 0814-08/Plandaan hadiri acara sedekah bumi Desa binaan
Next post Anggota koramil 16 Bareng Bersama Warga dan perangkat Desa Gotong Royong Membersihkan Jalan.