Kodim 0815/Mojokerto Bersama BPBD – Stakeholder Siap Kendalikan & Tangani Karhutla

MOJOKERTO, – Kodim 0815/Mojokerto menugaskan Perwira Staf Operasi (Pasiops) Kodim 0815/Mojokerto Lettu Inf Akhmad Rifa’i menghadiri Rapat Persiapan Pelaksanaan Apel Siaga Pengendalian Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2022, di Poetoek Soeko Wisata Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (06/09/2022).

Pada kesempatan rapat ini, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., yang diwakili Pasiops Kodim 0815/Mojokerto Lettu Inf Akhmad Rifa’i, menegaskan, pada dasarnya pihak Kodim 0815/Mojokerto siap mendukung kegiatan penanganan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Masih lanjutnya, oleh karena itu, pihaknya bersedia mempersiapkan personel dan sarana prasarana untuk pelaksanaan gelar pasukan sesuai permintaan BPBD Kabupaten Mojokerto. ”Tentunya, pengendalian dan penanganan Karhutla ini butuh sinergi dan kerja sama semua pihak, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri”, tegasnya.

”Melalui pertemuan ini kita tentukan lokasi apel gelar pasukan dan lokasi simulasi pengendalian penanganan Karhutla, sehingga pada pelaksaanannya dapat berjalan optimal sesuai yang direncanakan”, tambahnya.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Mojokerto, Drs. H. Yo’ie Afrida Sosetyo Djati, M.Si, pada kata pengantarnya, saat membuka rapat, menegaskan, rapat persiapan ini digelar sebagai tindaklanjut kejadian kebakaran hutan dan lahan di Lereng Gunung Penanggungan pada akhir Agustus lalu, dan kejadian kebakaran hutan dan lahan merupakan atensi nasional.

Menurut Kalak BPBD, pengendalian kebakaran hutan dan lahan akan dikoordinasikan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan bekerja sama dengan KPH Pasuruan yang melibatkan unsur aparat TNI dan Polri Wilayah Mojokerto, BPBD, Perhutani, Tahura, LMDH dan Pencinta Alam di wilayah Mojokerto serta masyarakat setempat. Ia juga menambahkan, harus ada MoU antara Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Masih lanjutnya, pihaknya berencana menggelar apel gelar pasukan dalam skala besar dengan melibatkan semua unsur Pemerintah dan pendukung dalam penanganan pengendalian Karhutla. ”BPBD akan menyiapkan Damkar dan peralatan pemadam kebaran hutan dan lahan, serta pasukan trail. Pun demikian dengan Pihak Perhutani agar menyiapkan lahan simulasi penanganan pengendalian Karhutla”, terangnya

Selain Kalak BPBD Kabupaten Mojokerto dan Pasiops Kodim 0815/Mojokerto, pada rapat ini juga sejumlah pihak juga memberikan masukan dan aspirasi, diantaranya Kabag Pemerintah Setda Kabupaten Mojokerto, Drs. Dedy Muhartadi, Ka ADM Perhutani KPH Pasuruan Agus Imam Fandoli, S.Hut., Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Wilayah Nganjuk Endang Handayani, S.P., M.Si., Kasubag Ops Polres Mojokerto AKP Suliyanto dan Kasubag Ops Polres Mojokerto Kota, Iptu Hidayat, serta Perwakilan Pecinta Alam dan Relawan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Mojokerto, Anam.

Terpantau, dalam rapat tersebut ditarik kesimpulan, bahwa pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dan Simulasi Pengendalian dan Penanganan Karhutla rencana akan dilaksanakan pada Selasa 20 September 2022 mendatang, di Wisata Desa Poetoek Soeko Desa Sukosari Kecamatan Trawas, dipimpin Bupati Mojokerto dan dihadiri Forkopimda Mojokerto Raya. Usai rapat dilanjutkan peninjauan medan untuk simulasi penanganan Karhutla.

Tampak hadir dalam kegiatan, Pabin Polhut Perhutani KPH Mojokerto AKBP Sujiono, Pabin Polhut Perhutani KPH Pasuruan Kompol Subur, Waka ADM Perhutani KPH Pasuruan Rudi Hartono, Waka ADM Perhutani KPH Mojokerto Prasetyo Lukito, S.Hut., Danramil 0815/17 Trawas Kapten Inf Suminto, Camat Trawas Drs. Sugondo, S.Sos., M.M., Kapolsek Trawas AKP Didit Setiawan, S.H., Ka UPT Tahura R Soerjo Malang Ajad Sudrajat, Ka Rayon Tahura wilayah Gondang dan Jatirejo, Siswoyo, Asper Perhutani BKPH Pacet, Margono beserta Para Mantri Perhutani wilayah Trawas, Pacet, Gondang dan Jatirejo, Asper BKPH Penanggungan Trawas, Nur Ikhsanudin beserta Manteri Perhutani Wilayah Ngoro dan Penanggungan, Kades se-Kecamatan Trawas, LMDH Pacet dan Trawas. ( pendim 0815)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa Koramil Pungging Dampingi UPT Puskesmas Watukenongo Verifikasi ODF
Next post Ketua Persit KCK Cabang XXV Kodim 0809 Kediri Ajak Anggota Ranting Olahraga Bersama Senam Perwosi