Sukseskan TNI Manunggal Air Babinsa Koramil 18 Parengan Tuban Dampingi Tim Kostrad Cari Titik Sumber Air

TUBAN, – Babinsa Koramil 18 Parengan Kodim 0811 Tuban Sertu Rondi mendampingi prajurit Tim Pal Kostrad dalam rangka pencarian sumber titik air untuk pembuatan sumur bor program TNI Manunggal Air di Wilayah Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Kamis (08/09/2022)

Dalam mapping ini, dengan menggunakan alat geolistrik berupa resistivity meter berfungsi untuk mendeteksi keberadaan sumber air di tanah. Kegiatan pendeteksian dimulai dengan titik survei di Dusun Dolok Desa Parangbatu, Desa Kumpulrejo  ditemukan sumber air di kedalaman 60 meter sedangkan di Dusun Jeruk dan Dusun Kedung Banteng Desa Brangkal di temukan sumber titik air dengan kedalam 30-40 meter dengan debit/volume air besar dengan kualitas bagus.

“Penyelidikan dengan alat geolistrik ini sebagai pendahuluan untuk memperoleh informasi di bawah permukaan tanah yang menyangkut struktur geologinya, informasi yang diperoleh dari penyelidikan geolistrik ini akan sangat membantu dalam menentukan langkah pelaksanaan pemboran selanjutnya,” tukas Sertu Rondi

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah. Cara kerjanya adalah dengan menyuntikkan arus listrik ke dalam tanah untuk kemudian dibacakan alat.

Dikatakannya Danramil 0811/18 Parengan Kapten Cpl Harianto di tempat terpisah, mencari sumber titik air ini, untuk membantu kesulitan masyarakat setempat khususnya ketersediaan air bersih terutama saat musim kemarau.

Lanjut Danramil, pada musim kemarau sering terjadi kelangkaan air bersih dengan mencari sumber titik – titik air ini, melalui TNI Manunggal Air dapat membantu kesulitan yang dialami masyarakat.”ucapnya.(Pendim0811)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bentuk Kepedulian Koramil 16 Singgahan Tuban Bersama Masyarakat Bantu Mbah Ramlah
Next post Babinsa  0814/01 Kota Jombang Pemantauan Unras Kenaikan BBM Di Depan Gedung DPRD jombang