Dandim 0809/Kediri Hadiri Apel Gelar Gelas dan Simulasi Pam Pemilu Serentak Tahun 2024 Kota Kediri

Kediri – Komandan Kodim 0809/Kediri Letkol Inf Aris Setiawan SH bersama Forkopimda Kota Kediri menghadiri Apel Gelar Pasukan dan Simulasi Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang dilaksanakan di GOR Jayabaya Kel. Bandar Kidul Kota Kediri(5/2/2024).

Apel Gelar Pasukan dan Simulasi Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024 diikuti oleh Satlinmas se-Kota Kediri, Perwakilan Babinsa Jajaran Kodim 0809/Kediri, Perwakilan Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Kota Kediri dan Kasi Trantib Kelurahan se-Kota Kediri dipimpin langsung oleh Pj. Walikota Kediri Ibu Dr.Ir Zanariah, M.Si dan dihadiri oleh Letkol Inf Aris Setiawan, SH (Dandim 0809/Kediri), Bapak Bagus Alit (Sekda Kota Kediri), Ibu Andi Mirnawaty, SH. MH (Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri), Bapak Asik Ismoyo (Kabid Linmas Satpol PP Jatim), Drs. Syamsul Bahri MM (Kepala Satpol PP Kota Kediri), Bapak Yudi Agung Nugroho SH (Bawaslu Kota Kediri), Perwakilan Danramil Jajaran Kodim 0809/Kediri, Kapolsek Jajaran Polres Kota Kediri,  Bapak Moch. Wahyudi (Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM), Camat se-Kota Kediri dan Kakel se-Kota Kediri.

Pj. Walikota Kediri Ibu Dr.Ir Zanariah, M.Si dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah Apel siaga dan simulasi dalam rangka pengamanan Pemilu serentak tahun 2024, setiap 5 tahun pemilu menjadi proses penting dalam demokrasi maka menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan hajatan ini termasuk peran aktif dari Satlinmas sebagai satuan perlindungan masyarakat.” ungkapnya.

Satlinmas memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan dan penghitungan suara mulai dari membantu menjaga keamanan dan ketertiban TPS, membantu KPPS mengatur dan mengarahkan pemilih, melakukan patroli di sekitar TPS untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, memonitor dan melaporkan situasi dan kondisi di TPS kepada KPPS dan aparat keamanan dan juga membantu mengamankan kotak suara dan dokumen Pemilu lainnya.

Maka dari itu Satlinmas akan mengikuti simulasi pengamanan Pemilu dengan arahan dari KPU, nantinya untuk pengetahuan serta keterampilan dalam melaksanakan tugas. tugas Satlinmas tidak ringan, pesan saya kepada seluruh anggota Satlinmas untuk menjaga kondisi kesehatan selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Satlinmas harus netral dan tidak memihak-pihak manapun, semua harus dilayani, bekerjasama yang baik dengan KPPS dan Babinsa serta Babinkamtibmas, jalin komunikasi semua juga aparat keamanan dan juga masyarakat dan selalu Intens berkoordinasi dengan TNI dan Polri dan untuk memastikan keamanan bersama.

Sementara itu seusai kegiatan Dandim 0809/Kediri Letkol Inf Aris Setiawan SH saat ditemui awak media mengatakan seperti kita ketahui bersama Apel Gelar dan Simulasi dalam rangka Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024 sangat penting bagi Satlinmas, bertujuan untuk memberikan pengertian, langkah – langkah dan tugas Satlinmas dalam  penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

“TNI Netral”, sesuai tugas pokok TNI, jajaran Kodim 0809/Kediri akan membantu Kepolisian dan menjaga keamanan serta ketertiban khususnya di wilayah Kota/Kab. Kediri.

Dandim 0809/Kediri juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama sama mensukseskan Pemilu 2024, mari bersama jaga keamanan dan ketertiban, gunakan hak pilihnya jangan sampai Golput, suara masyarakat akan menentukan nasib Bangsa.” tutupnya.(pen0809)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Babinsa Kelurahan Mojoroto Bersama BPBD dan Warga Gotong Royong Bersihkan Rumpun Bambu Yang Tumbang
Next post Dandim 0809/Kediri Beri Arahan Kepada Prajurit : Jaga Netralitas TNI Saat Pemilu 2024